Tradisi Sega Wiwit

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tradisi Wiwit Nganten lengkapnya. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Dukuh Cabakan Desa Tanjungsari, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah .

Wiwit Nganten adalah acara selamatan atau syukuran yang dilakukan di tengah pematang sawah untuk mengawali masa panen raya. Tradisi ini sudah berlangsung selama puluhan tahun. Acara selamatan atau syukuran ini dimulai dengan penataan sesaji di tepi sawah.

Sesaji itu berisikan sejumlah jajan pasar, kaca pengilon, serta beberapa mainan yang berbentuk binatang maupun orang-orangan. Kemudian, selamatan dimulai.

Tahlil dan doa dipimpin tokoh agama setempat. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh kepala desa, dan diteruskan dengan pemotongan padi. Alat yang digunakan untuk memotong beberapa helai padi tersebut bukanlah sabit, melainkan ani-ani.

Beberapa waktu lalu, tradisi ini memang sempat dilupakan oleh masyarakat setempat. Padahal tradisi ini mengandung banyak pesan positif, salah satunya adalah mempererat tali silaturahmi di antara petani.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.