Bappeda Garut Kunjungi Pemkot Sukabumi

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tertarik untuk mengetahui seperti apa proses penyusunan perencanaan pembangunan dan bagaimana cara menyusun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang baik. Rombongan Bappeda Kabupaten Garut yang dipimpin langsung kepalanya Ir H. Widiyana, CES melakukan kunjungan kerja ke Bappeda Kota Sukabumi, Kamis (21/6). Rombongan tersebut diterima langsung Kabid Litbang Bappeda Kota Sukabumi Rahmat.

Kepala Bappeda Pemkab Garut Ir.H. Widiyana, CES mengatakan, tujuan pihaknya mengunjungi Kota Sukabumi ini selain ingin mengetahui penyusunan perancanaan pembangunan juga untuk belajar bagaimana cara dan strategi untuk membuat LAKIP.

Dalam kunjungan tersebut, pihak Bappeda Pemkab Garut mempertanyakan sejauhmana hasil dari penerapan berbagai program perencanaan dan implementasi LAKIP di wilayah khususnya kelurahan dan kecamatan. Pihaknya juga mempertanyakan apakah ada dana aspirasi untuk aparat di wilayah.

Dirinya bahkan berharap, dari hasil kunjungan tersebut berbagai informasi yang diperoleh nantinya bisa diterapkan di wilayahnya.

Sementara itu Kabid Litbang Bappeda Kota Sukabumi Rahmat menyambut baik kunjungan kerja dari Bappeda Kabupaten Garut yang ingin mengetahui sekaligus bertukar informasi terkait perencanaan pembangunan dan cara penyusunan LAKIP.

Menanggapi beberapa pertanyaan tersebut,Kabid Litbang Bappeda Kota Sukabumi Rahmat menjelaskan, berkaitan dengan dana aspirasi tidak muncul di Kota Sukabumi dalam proses penetapan anggaran. Sedangkan terkait untuk alur perencanaan pembangunan, pihaknya menampung masukan dari masyarakat berdasarkan hasil dari reses anggota DPRD yang dirapatkan dalam Forum SKPD.

“Untuk penguatan lembaga di kelurahan dan kecamatan kita juga memberikan dana hibah sebesar Rp. 200 juta per kelurahan setiap tahunnya dan Alhamdulillah berdampak positif terhadap berbagai hasil pelaksanaan program di wilayah,” ujarnya.

Lebih lanjut Rahmat mengungkapkan, berkaitan dengan prestasi Kota Sukabumi meraih peringkat pertama di nasional dalam penyusunan LAKIP tidak terlepas dari peran dan komitmen Walikota Sukabumi dalam mengelola semua SKPD untuk memberikan kontribusi data dan realisasi hasil pengelolaan serta penggunaan anggaran. (Herry)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.