Dieng Culture Festival 2012

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada Tahun ini, acara DCF (Dieng Culture Festival) akan diadakan pada Tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2012. Diawali dengan acara kirab (arak-arakan) keliling kampung dengan anak-anak berambut gimbal di atas kereta kuda (dokar) serta dipagari para abdi berpakaian adat Jawa yang mengawal kirab dengan barisan pemangku adat di depan dan para penari di belakang.

Setelah berkeliling kampung Arak-arakan berjalan menuju Komplek Candi Arjuna tempat diadakannya acara pemotongan rambut tersebut. Acara kemudian dilanjutkan pelarungan rambut gimbal yang telah dipotong ke sebuah telaga.

Tidak lupa pula, festival ini dimeriahkan oleh rangkaian pentas seni yang dibawakan oleh seniman lokal seperti Tari Lengger atau Tari Topeng, Tek-tek (paduan alat musik dari bambu yang di mainkan dengan irama tertentu dengan membawakan lagu tertentu-biasanya lagu-lagu tradisional), Tari Rampak Yagsa dan lain-lain.

Bagi anda yang penasaran ingin mengetahui bagaimana ritual pemotongan rambut gimbal dan atau seni budaya khas Dieng dari dekat, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi dataran tinggi Dieng pada tanggal tersebut. Informasi dan agenda lebih lanjut silahkan periksa di link PesonaDieng ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.