Rektor Undip: Perguruan Tinggi Bukan Pasar

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Biaya kuliah yang tinggi di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang disebabkan oleh besarnya biaya operasional, seperti kebutuhan praktikum dan laboratorium. Masa kuliah di Fakultas Kedokteran juga lebih lama dari bidang studi lain. Kuliah minimal di Fakultas Kedokteran adalah Rp 25 juta per tahun per mahasiswa.

Rektor Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi menyatakan tidak setuju jika universitas disamakan dengan pasar. Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan berkualitas.

Tahun ini Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan maupun jalur tulis sudah selesai. Peserta di panitia lokal 42 Semarang naik 30 persen dari 21.000 menjadi 27.682 mahasiswa. Peminat terbanyak masih pada Fakultas Kedokteran

Ujian Mandiri yang merupakan alternatif lain dari SNMPTN memang membutuhkan biaya lebih tinggi. Yang diperuntukan sebagai subsidi silang untuk mahasiswa lain.

“Saya sama sekali tidak setuju ada yang mengatakan bahwa biaya kuliah di Fakultas Kedokteran tinggi karena logika pasar. Karena permintaan naik lalu harga naik. Perguruan tinggi bukan pasar dan bukan unit bisnis. Kita adalah unit pendidikan,” tutur Prof. Sudharto P Hadi,MES,P.hd, Jumat (22/6/2012). (Siti)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.