Terkait Seleksi BPSK, Panitia Harus Bersikap Profesional

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mencuatnya permasalahan tidak transparannya seleksi calon anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Sukabumi periode 2012-2017 yang diduga sarat nepotisme oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Sukabumi Peduli mendapat tanggapan dari Mantan Ketua BPSK Kota Sukabumi Fajar Laksana.

Munculnya protes terhadap seleksi calon anggota BPSK Kota Sukabumi yang diutarakan Sekretaris LPKSM Sukabumi Peduli Iwan Cahyadi, karena diduga salah seorang tim penilai dari unsur LPKSM meloloskan anggota keluarganya.

Menanggapi permasalah tersebut Mantan Ketua BPSK Kota Sukabumi Fajar Laksana mengatakan, bahwa dari sisi aturan tidak ada permasalahan dan tidak ada yang melarang pula anggota keluarga boleh ikut seleksi. Namun yang perlu di perhatikan adalah dari sisi etika organisasi secara professional, karena menyebabkan timbulnya ketersinggungan rasa keadilan terhadap pihak lain sehingga sampai munculnya protes tersebut.

“Kalau memang ada keberatan oleh pihak lain yang merasa dirugikan, panitia tim seleksi harus bisa bersikap professional untuk mempertanggungjawabkan dan memberikan penjelasan terkait dugaan tersebut,” katanya saat ditemui di kediamannya, Sabtu (23/6).

Menurutnya, jika ingin melaksanakan penseleksian anggota BPSK Kota Sukabumi secara professional, panitia seleksi harus memperhatikan Transparansi, Akuntabilitas, Responsibility, Independensi dan Fairnes (TARIF). Jika salah satu unsur dari TARIF tersebut tidak dijalankan oleh panitia seleksi, maka secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kewibawaan dan krisis kepercayaan terhadap lembaga BPSK tersebut.

“Saya rasa wajar secara profesional dan demokrasi pihak yang keberatan tersebut minta penjelasan dan tim seleksi sendiri harus bisa menjelaskannya sesuai dengan TARIF tersebut,” ujarnya.

Dirinya berharap, permasalahan yang timbul tersebut kedepannya bisa dijadikan pelajaran bagi tim seleksi BPSK dalam menseleksi calon anggota yang akan datang. “Kita lihat kedepan seperti apa kinerja anggota BPSK yang baru, apakah akan lebih baik atau tidak,” harapnya.

Rencananya pelantikan 18 anggota BPSK Kota Sukabumi yang lolos seleksi tersebut dilaksanakan Senin (25/6). (Herry)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.