Puluhan Pelaku UMKM di NTT Ikut Diklat Keterampilan

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kementerian Koperasi dan UKM (KUKM) RI Bidang Pengembangan SDM UMKM bekerjasama dengan DPD KNPI NTT selaku lokal partner menyelenggarakan Diklat keterampilan teknis bagi kelompok masyarakat yang akan berlangsung akhir Juni lalu di aula Bapelkes NTT Kupang.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur NTT yang diwakili Asisten I, Yohana Lisapali. Hadir pula Deputi Bidang Pengembangan SDM Iswanto, Sekjen DPP KNPI Bintang Prabowo, Ketua DPD KNPI NTT, Daud Amarato, M.Si, pengurus dan anggota KNPI beserta para peserta diklat.

Yoahana saat membacakan sambutan gubernur mengatakan, program diklat dengan sasaran pelaku UMKM di NTT ini diharapkan dapat mendorong kualitas SDM para pelaku usaha sehngga bertambah pengetahuan baik keterampilan teknis maupun manajemen usaha. Diklat tersebut juga dinilai strategis sebab pada kegiatannya akan banyak pengalaman yang diserap peserta. Dengan demikian ada harapan besar terjadi perubahan pola pikir peserta atau masyarakat NTT dalam bidang kewirausahaan guna meningkatkan daya ekonomi. Agar kelak, kualitas pendidikan masyarakat yang baru lima persen berpendidikan D3 sampai S1 turut meningkat.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian KUKM Iswanto mengungkapkan, tujuan diklat yakni untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM khususnya dibidang pengolahan makanan. Iswanto menekankan, proses usaha pengolahan makanan merupakan suatu uasaha yang membutuhkan tenaga terampil dengan sistem produk yang berkualitas. Agar tercipta produk yang berkualitas dan higienis hingga menarik minat baik pihak penyalur sampai kepada para konsumen.

Sementara Ketua DPD KNPI NTT, Daud Amarato menjelaskan, Diklat akan melibatkan pihak pemerintah terkait meliputi Kementerian Koperasi dan UKM serta Dinas Koperasi UMKM Provinsi NTT. Juga akan diisi pemaparan materi diantaranya oleh HIPMI NTT dan materi praktek berupa teknik pembuatan Abon Denden dan Se’i sampai tahap pengemasan dan pemasarannya. Usai pembekalan berupa teori dan praktikum, akan dilakukan tes bagi peserta dan kunjungan lapangan.
TIMEX-SELASA, 26 JUNI 2012

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.