Tanamkan Nasionalisme Lewat Lomba TUS dan PBB

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebagai upaya menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme sejak dini kepada para siswa sekaligus sebagai ajang seleksi di tingkat kabupaten untuk mencari peserta terbaik. Bidang Pemuda dan Olah Raga Dinas Dikpora Kabupaten Tegal menggelar lomba Tata Upacara Sekola (TUS) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SLTA Kabupaten Tegal di lapangan sepakbola GOR Tri Sanja Slawi, Kamis (5/7).

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (POR) Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Teguh Herdi Sancoyo didampingi Kepala Seksi Kepemudaan, Suwatno mengatakan, lomba TUS dan PBB dimaksudkan untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada peserta didik sekaligus sebagai ajang seleksi tingkat Kabupaten.

“Peserta terbaik yang terpilih, nantinya akan dikirim ke tingkat eks Karesidenan Pekalongan untuk mewakili Kabupaten Tegal. Karenanya, juri dalam lomba TUS dan PBB kali ini diambil secara obyektif mungkin,” katanya saat ditemui Jatengtime.com disela kegiatan.

Dijelaskannya, juri dalam lomba TUS dan PBB tersebut diambil dari unsur Dinas Dikpora Kabupaten Tegal dan personil Kodim 0712 / Tegal. Sementara materi penilaian lomba juga dari Kodim 0712 / Tegal. “Untuk juri lomba TUS berasal dari Dinas, sedangkan PBB langsung dinilai juri dari Kodim,” ujarnya.

Teguh menambahkan, selain lomba TUS dan PBB tingkat SLTA, sebelumnya juga digelar lomba PBB dan TUS untuk tingkat SD pada Selasa (3/7) dan untuk tingkat SLTP pada hari Rabu (4/6) lalu.

Sementara itu Kepala Seksi Kepemudaan, Suwatno menuturkan, kegiatan lomba TUS dan PBB merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh daerah dan provinsi. “Untuk tingkat SLTA diikuti 12 SMA/SMK se Kabupaten Tegal,” terangnya.

Dijelaskan Watno, peserta terbaik akan mewakili Kabupaten Tegal pada ajang yang sama ditingkat Eks Karesidenan Pekalongan. “Juara I akan maju mewakili Kabupaten Tegal di tingkat eks Karesidenan Pekalongan pada April 2013 mendatang,” pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.