Wabup Demak: Pelaku UMKM Perlu Berkoperasi

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, termasuk yang ada di Kabupaten Demak, sejak sekarang hendaknya sudah mempersiapkan diri menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 mendatang.

Salah satu langkah penting yang perlu mereka lakukan adalah berkoperasi.Wakil Bupati Demak Drs HM Dachirin Said SH MSi menyampaikan, nota kesepahaman mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah ditandatangani oleh pemimpin seluruh negara anggota.

Artinya, pada 2015 nanti peredaran barang dan jasa di negara-negara anggota ASEAN semakin bebas, sekaligus akan terjadi persaingan dagang yang kian ketat.

“Agar produk kita mampu bersaing, maka para pelaku UMKM harus bekerja lebih keras,” kata HM Dachirin, saat mengunjungi Demak Expo 2012, pagi tadi. Demak Expo yang berlangsung di Lapangan Tembiring Jogo Indah itu sendiri merupakan ajang pamer produk lokal, diikuti sedikitnya 80 stan memamerkan dan menjual berbagai kerajinan.

Menurut HM Dachirin, kondisi sulit akan dialami para pelaku UMKM Demak jika tidak mau kompak dan justru bersaing untuk saling menjatuhkan. Apalagi, kondisi mereka belum pulih setelah dicanangkannya Asean China Free Trade Agreemen (ACFTA) 2010 lalu, yang berdampak membanjirnya produk-produk China di Tanah Air.

“Karenanya, para pelaku UMKM perlu berkoperasi. Dengan langkah itu mereka bisa kompak dalam berbagai hal, seperti dalam rangka memperluas jaringan pemasaran, perolehan bahan baku, menentukan standar harga, serta kemudahan mengakses modal usaha,” paparnya.

Lebih dari itu, lanjut dia, pelaku UMKM juga dituntut memperhatikan soal kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas. Tiga hal itu penting agar produk mereka bisa bersaing di pasar lokal, regional juga internasional.

Sementara terkait Demak Expo Wabup Dachirin Said menjelaskan, pemkab menyelenggarakan kegiatan tersebut rutin setiap tahun. Tujuannya antara lain memberi kesempatan promosi bagi produk-produk unggulan lokal, sekaligus untuk mendorong geliat pertumbuhan UMKM di Kota Wali.

“UMKM merupakan salah satu sektor yang kami prioritaskan pengembangannya. Dan perlu diketahui, Pemkab Demak dinilai memiliki keberpihakan yang cukup tinggi terhadap pengembangan sektor tersebut. Pada Januari lalu kita bahkan dianugerahi penghargaan Upakarti UMKM dari Presiden SBY,” kata Wabup Dachirin.**
1 Lampirkan file| 190KB

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.