Tingkat Hunian Hotel di Jawa Tengah Meningkat Pesat

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perkembangan bisnis perhotelan di kota Semarang dan Jawa Tengah (Jateng) pada umumnya, tergolong sangat pesat. Hotel bukan hanya sebagai tempat untuk menginap saja, tetapi juga untuk pertemuan bisnis dan acara besar seperti yang lainnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPD PHRI Provinsi Jawa Tengah, sampai saat ini terdapat 978 hotel di Jawa Tengah dan 32 hotel diantaranya terdapat di Kota Semarang. Sedangkan yang termasuk hotel berbintang dari jumlah tersebut hanya sekitar 10 persen dan sisanya 90 persen termasuk dalam kelas melati.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Jateng, Ir. H. Heru Isnawan MM, mengatakan, tingkat hunian hotel (okupansi) pada hotel bintang empat sampai lima rata-rata mencapai 60 persen. Sedangkan untuk okupansi hotel berbintang tiga ke bawah mencapai 50 persen hingga 60 persen.

”Seperti saat ini, libur panjang sekolah dan weekend serta pada dan pada bulan-bulan tertentu seperti libur lebaran dan akhir tahun. Okupansi sejumlah hotel bisa menembus di angka 75-90 persen,” katanya saat ditemui Jatengtime.com, Sabtu (07/07), di Hotel Grasia Semarang.

Ditambahkannya, untuk menyambut Visit Jateng 2013, PHRI telah menggandeng sejumlah industri pariwisata untuk bersama-sama mensukseskan perhelatan itu. Pihaknya bahakn telah berkoordinasi dengan Pemprov Jateng, agen perjalanan, maskapai penerbangan, serta semua industri perhotelan untuk menyiapkan beragam kegiatan unggulan guna menarik minat wisatawan.

Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng tahun 2012 menyebutkan, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Jateng bulan Mei lalu tercatat sebesar 51,08 persen. Mengalami kenaikan sebesar 1,72 poin dibanding TPK April yang sebesar 49,35 persen. Apabila dibanding periode yang sama bulan Mei 2011, TPK Mei 2012 juga mengalami kenaikan sebesar 10,21 poin.

Khusus hotel berbintang lima, TPK tertinggi terjadi pada bulan Mei sebesar 67,76 persen dan terendah hotel bintang dua sebesar 33,40 persen. Rata-rata Lama Menginap (RLM) seluruh tamu hotel bintang pada bulan Mei 2012 tercatat sebesar 1,60 malam atau turun 0,09 poin, jika dibandingkan dengan bulan April yang tercatat sebesar 1,69 malam.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.