Orangtua Siswa Keluhkan Biaya Sekolah dan Harga Buku yang Mahal

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tingginya biaya masuk sekolah dan harga buku paket yang mencapai ratusan ribu rupiah, dikeluhkan para orangtua siswa di salah satu sekolah dasar ternama di Kota Sukabumi.

Seperti yang diungkapkan salah satu orang tua siswa, Arif Rahman, dirinya sangat keberatan dengan kebijakan pihak sekolah anaknya yang mengharuskan buku paket dibayar kontan dengan harga yang mencapai Rp. 330 ribu.

Bahkan yang lebih herannya, buku paket tersebut hanya terdapat di sekolah yang dikelola oleh pihak koperasi langsung. Sedangkan jika para orangtua mencari di toko buku, sama sekali tidak ada.

“Bagi siswa yang orang tuanya tergolong mampu mungkin saja tidak menjadi masalah, namun bagi orang tua yang kurang mampu seprti saya uang sejumlah itu sangat besar,” ujarnya tanpa mau menyebutkan dimana anaknya sekolah saat ditemui di Balaikota Sukabumi, Rabu (18/7).

Dirinya pun juga mempertanyakan sejauhmana perhatian pemerintah khususnya Pemkot Sukabumi terkait permasalahan yang dialami para orangtua siswa. Bahkan dirinya juga menyoroti, sejauhmana peran komite sekolah yang nota bene merupakan perwakilan dari para orang tua siswa kepa pihak sekolah.

“Fungsi komite sekolah bertujuan untuk membantu orang tua siswa dalam segala hal, termasuk yang menyangkut permasalahan yang dihadapi para orang tua siswa dan bukannya malah membela pihak sekolah,” ujarnya.

Bahkan diungkapkannya, ketika ada salah satu orangtua siswa bertanya kepada pihak sekolah,apakah bisa membeli buku paket tersebut dengan cara dicicil. Dengan entengnya salah satu oknum guru di sekolahnya menjawab,kalau tidak mampu beli buku paket tersebut jangan menyekolahkan anakanya di sekolah ini.

”Saya sangat kaget mendengar jawaban salah seorang oknum guru tersebut, apakah perlu kami sebagai orang tua siswa melaporkan hal ini kepada dinas terkait maupun DPRD,” ungkapnya.*

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.