Sekolah Tak Boleh Bebani Orangtua Murid Miskin

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Keluhan para orangtua murid sekolah dasar di Kota Sukabumi, terkait mahalnya harga buku paket ternyata mendapat tanggapan oleh Wakil Walikota Sukabumi, Mulyono.

Ditemui usai menghadiri Rakor Pelaksanaan Pilkada Kota Sukabumi 2013 di Hotel Taman Sari, Kamis (19/7) dirinya mengatakan, keluhan mahalnya harga buku paket bukan hanya terjadi di Kota Sukabumi saja, melainkan juga dialami di daerah lain.

“Sebenarnya hal tersebut tidak terlalu perlu dipermasalahkan, apabila sebelumnya antara orangtua murid merapatkannya terlebih dahulu dengan komite sekolahnya,” katanya.

menurutnya, jika memang menurut para orang tua murid harga buku tersebut terlalu mahal jangan dipaksakan untuk membelinya. Begitu juga dengan pihak sekolah juga tidak boleh terlalu membebani para orangtua murid untuk dipaksakan membeli buku, jika mereka tidak mampu.

“Masalah penjualan buku dikelola oleh pihak koperasi sekolah, merupakan kewenangan lokal sekolah dan bukan pemerintah. Namun sekali lagi yang ingin saya tegaskan, bagi para orangtua murid kalau memang tidak mampu jangan dipaksakan,” ujarnya.

Diungkapkannya, terkait permasalahan ini akan segera dibahas oleh Pemkot Sukabumi beserta dinas terkait. “Saat ini pemerintah sudah menggulirkan dana BOS untuk buku, kita akan bahas permasalahan ini,” ungkapnya.

Tingginya biaya masuk sekolah dan harga buku paket yang mencapai ratusan ribu rupiah, dikeluhkan para orangtua siswa di salah satu sekolah dasar ternama di Kota Sukabumi.

Seperti yang diungkapkan salah satu orang tua siswa, Arif Rahman, dirinya sangat keberatan dengan kebijakan pihak sekolah anaknya yang mengharuskan buku paket dibayar kontan dengan harga yang mencapai Rp. 330 ribu.

Bahkan yang lebih herannya, buku paket tersebut hanya terdapat di sekolah yang dikelola oleh pihak koperasi langsung. Sedangkan jika para orangtua mencari di toko buku, sama sekali tidak ada.*

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.