Amankan Lebaran, Polda Jateng Kerahkan 12.146 Personil

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan mengerahkan 12.146 pasukan untuk melaksanakan operasi Ketupat Candi 2012. Pasukan tersebut akan disebar di seluruh titik di wilayah Jawa Tengah yang rawan kemacetan maupun kejahatan selama lebaran tahun ini.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Didiek Tri Widodo menyatakan, operasi ketupat candi akan digelar selama 16 hari yakni mulai H-9 hingga H-7 lebaran. Menurutnya, 12.146 personil yang akan diterjunkan terdiri dari 7.500 pasukan dari Polda Jateng, dan 4.646 pasukan dari seluruh Polres di Jawa Tengah.

“Pola pengamanan rangkaian perayaan Idul Fitri yakni dengan penempatan/menggelar pos pengamanan di lokasi keramaian. Ataupun buka tutup jalur mudik dan balik serta mengalihkan arus di lokasi rawan macet,” kata Kapolda saat pemaparan dalam Rapat Koordinasi Ekonomi, Keuangan dan Industri (Ekuinda) menghadapi lebaran 2012 di gedung Gradhika Bhkati Praja, kompleks kantor gubernuran Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (24/7).

Polda juga menambahkan, akan menggelar pos pengamanan di 232 titik. Pos-pos pengamanan tersebut disebar di tiga jalur, yakni jalur utara (82 titik), jalur tengah (70 titik) dan jalur selatan (80 titik).Pos-pos pengamanan tersebut menurut Didiek dapat berfungsi sebagai area pertolongan kesehatan dan pelayanan pengaduan serta pemantauan arus lalu-lintas.Polda juga memasang kamera pengawas (CCTV) di 88 titik.

Ditemui ditempat yang sama, Gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo juga menyatakan bahwa perbaikan jalan yang dimungkinkan tidak selesai pada H-10 diupayakan untuk dihentikan sementara. Namun meski dihentikan menurut dia, jalan-jalan yang diperbaiki tersebut tetap bisa dilewati oleh pemudik. Gubernur juga menyatakan, Jawa Tengah siap menyambut lebaran, seluruh kebutuhan dan stok sembako tercukupi.

“Kemarin saya cek pasar dan tak ada kenaikannya yang berarti, kesimpulannya masih wajar, bahan kebutuhan pokok tidak ada masalah, hanya perlu dijaga persediannya. Begitu juga dengan sarana transportasi kemarin diresmikan Jalan Lingkar Ambarawa oleh pak menteri sehingga bisa membantu,” tegasnya

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.