Solo Batik Carnival Diundang Tampil di Pasadena Tournament of Roses

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SURAKARTA – Solo Batik Carnival (SBC) diundang untuk mengikuti Pasadena Tournament of Roses, parade tahunan kendaraan yang dihias bunga di Pasadena, California, Amerika Serikat, Januari 2013 mendatang. Penawaran itu disampaikan Deputy Director of International Promotion for America and Pasific Region Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Vinsesius Jemadu, yang datang bersama Liaison Officer (LO) sekaligus konsultan public relation Indonesia di Pasadena Tournament of Roses, Greg Asbury, kepada Walikota Solo, Joko Widodo.

Greg mengatakan Solo Batik Carnival sangat bagus. sangat spektakuler, sudah terkenal hingga ke luar negeri dan sudah pernah mengikuti pawai di luar negeri dan dia sangat berharap tim dari Solo Batik Carnival bisa ikut meramaikan acara di Pasadena Tournament of Roses .

Pihak Kemenparekraf sendiri antusias menyambut undangan tersebut. “Apa yang ditampilkan oleh SBC sangat bagus, sehingga kami tertarik untuk membawanya ke ajang internasional. Ini parade terbesar di Los Angeles dan tidak tertandingi, penampilan SBC di Pasadena akan menjadi kebanggaan tersendiri. Event itu akan membuat nama Indonesia, khususnya Solo semakin dikenal di mata dunia internasional.” kata Vinsensius.

Menurut Vinsensius, parade di Los Angeles mampu mendatangkan 1 juta pengunjung dan disaksikan lebih dari 450 juta penonton televisi di seluruh dunia. Dengan demikian, hal itu bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mempersiapkan ajang yang digelar untuk menyambut tahun baru itu sejak April 2012 yang lalu. Selain telah mempersiapkan kendaraan hias (float) utama, pihaknya juga mempersiapkan float khusus untuk SBC. untuk Tema yang diusung untuk tahun depan adalah wayang golek dengan menampilkan tokoh wayang Arjuna, Gatotkaca, serta Kresna. Karena ini parade bunga, maka ada modifikasi yang harus dilakukan juga, yakni dengan menambah bunga-bunga tropis.

Untuk parade kendaraan hias tahun depan merupakan keikutsertaan Indonesia yang kedua kalinya setelah 16 tahun absen dari parade bunga terbesar itu. Pihak kementerian juga akan memberikan dukungan, terutama untuk memberangkatkan peserta SBC dalam ajang tersebut. Lebih lanjut Vinsensius mengatakan, jumlah wisatawan asing asal Amerika yang datang ke Indonesia terus meningkat. Tahun lalu sebanyak 200.000 wisatawan asal Amerika datang ke Indonesia. Untuk tahun 2012 ini, pihaknya menargetkan 225.000 wisatawan asing Amerika datang ke Indonesia dari sekitar 8 juta wisatawan asing yang ditargetkan ke Indonesia.

Sementara itu, Walikota Solo Joko Widodo menyambut baik ajakan tersebut. Hanya saja pihaknya akan berbicara terlebih dahulu dengan anggota dewan untuk membahas masalah anggarannya. Karena untuk memberangkatkan peserta SBC juga butuh biaya yang banyak. Selain anggaran dana dari Pemkot Solo, nantinya juga akan dibantu oleh dana dari Kementerian Pariwisata.(**humas)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.