Dishub Kota Tegal: Bus yang Lulus Uji Kelayakan Ditempeli Stiker

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KOTA TEGAL – Menjelang arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2012 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tegal mulai melaksakaan uji kelayakan bus. Pengujian kelayakan dengan mendatangi langsung perusahaan-perusahaan otobus yang ada di Kota Tegal dengan tujuan bus-bus yang masih dioperasikan bisa seluruhnya diuji.

Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishubkominfo Kota Tegal, Soni Sontani mengatakan, uji kelayakan kendaraan angkutan umum salah satunya merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang datangnya arus mudik dan arus balik lebaran. Hal ini mengingat bus merupakan salah satu angkutan massal yang masih dipercaya masyarakat untuk perjalanan jauh.

Adapun tujuan dilaksanakannya uji kelayakan untuk mengetahui kelayakan bus yang akan dioperasikan jelang lebaran, sehingga saat mengangkut enumpang bus dalam keadaan siap dan optimal. Menurut Soni, dengan armada yang layak akan membuat penumpang nyaman dan keselamatan jalan bisa terjamin.

Dijelaskan Soni, uji kelayakan yang dimulai beberapa hari lalu langsung mengunjungi ke Perusahaan Otobus (PO) Dewi Sri, Tegal Indah dan Budi Santoso. Uji kelayakan yang dilakukan meliputi kelayakan vital seperti rem, lampu, kembang ban, tangga darurat dan palu pemecah.

Lima hal tersebut sangat penting dan perlu dilakukan pengecekan rutin sebelum bus dioperasikan. Hal lain yang perlu dilaksanakan Perusahaan Otobus dengan menyiapkan sopir cadangan disetiap busnya. Sebab idealnya, satu bus terdapat dua sopir untuk bergantian saat lelah.

Sementara dari uji kelayakan bus ini, Dishub akan memberikan stiker layak disetiap bus yang sudah diperiksa dan dinyatakan layak. Dinas Perhubungan juga akan terus memantau kelayakan bus-bus yang beroperasi di kota Tegal. Soni menambahkan, selanjutnya uji kelayakan akan dilaksanakan dengan mengunjungi PO lain seperti Adi Mulya dan Menara Jaya. (**HumasKotaTegal)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.