Pemprov Siapkan Rp. 3 M, Bangun Jalan Baru Wonosobo – Purworejo

oleh

Jalur Wonosobo – Purworejo di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo yang longsor beberapa waktu lalu, kemungkinan tidak bisa diperbaiki kembali. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membuat jalan baru yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi D DPRD Provinsi Jateng, Drs. Jayus, MM. Menurutnya, untuk membuka kembali jalan yang longsor di tempat tersebut diperlukan dana yang sangat besar.

“Kami sudah menganggarkan melalui APBD Perubahan 2012 ini sebesar Rp. 3 Miliar untuk membuat jalan baru yang menghubungkan Wonosobo – Purworejo,” ungkapnya saat ditemui Jatengtime.com di ruang kerjanya, Jumat (03/08).

Lanjut ia menjelaskan, dana yang disiapkan tersebut akan digunakan untuk melebarkan jalan agar bisa digunakan sebagai jalan utama menggantikan jalan lama yang longsor karena jalan tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.

Menghadapi lebaran tahun 2012 ini, arus lalu lintas yang menghubungkan Wonosobo – Purworejo dialihkan melalui jalur alternatif yang ada di sekitar tersebut. Jalur alternatif yang tersedia adalah Wonosobo-Kretek-Kepil-Kaliabu-Margoyoso-Purworejo dan jalur kedua melalui jalan kampung yang menghubungkan Kecamatan Kepil dan Kecamatan Bener.*