Jawa Tengah Butuh Pemimpin yang Mampu Lawan Korupsi

oleh

Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2013 tinggal menghitung bulan lagi, namun seperti apakah sosok gubernur yang pantas memimpin masyarakat Provinsi Jateng untuk 5 tahun kedepan?

Pengamat politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Teguh Yuwana mengatakan, Provinsi Jawa Tengah harus mampu memilih sosok pemimpin yang mampu melawan korupsi.

“Jawa Tengah butuh pemimpin yang tegas namun tetap bersahaja dan mampu melawan korupsi. Mengingat tingkat korupsi di Jawa Tengah masih tergolong tinggi,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Penyelidikan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Provinsi Jateng, Windy Setyawan Putra. Menurutnya, siapapun Gubernur Jawa Tengah terpilih nantinya harus bisa mewujudkan pemerintahan yang bebas dari korupsi.

“Sosok Gubernur yang dibutuhkan mempunyai integritas tinggi, mengedepankan pelayanan publik yang bebas pungli dan harus tepat sasaran, memiliki visi misi yang menunjang pembangunan di Jateng. Serta memiliki komitmen tinggi terhadap pemberantasan korupsi yang semakin merajalela di Jateng,” tambahnya.*