13 Hari Menuju PON Riau XVIII 2012

oleh

Waktu jam telah dihitung mundur, selama 13 hari kedepan Pemerintah Provinsi Riau terus melakukan berbagai persiapan akhir menjelang penyelenggaraan PON XVIII 2012 pada 9 September mendatang.

Sebagai penyelenggara, Provinsi Riau berupaya melakukan modernisasi pelaksanaan yang menyangkut venus dan administrasi pelayanan dengan menggunakan Teknologi Informasi (IT).

Modernisasi penyelenggaraan PON XVIII, diharapkan mampu membudayakan perilaku hidup tertib dan menjaga kebersihan serta keamanan yang tercermin dalam konsep Green PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau. Diantaranya dengan menyajikan program penghijauan, keindahan kota, menciptakan suasana asri dan nyaman di halaman dan lingkungan venus, hotel serta menambah kantong paru-paru kota.

Ribuan atlet yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, selama 12 hari akan bertanding membela nama daerahnya masing-masing untuk meraih prestasi gemilang di PON Riau.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs resmi PON Riau, upacara pembukaan akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 9 September 2012 di Stadion Utama yang berlokasi di kawasan olahraga Universitas Riau, Pekanbaru. Sedangkan untuk upacara penutupan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2012.

Sementara itu untuk lokasi pertandingan cabang olahraga PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau, dilaksanakan di 10 Kabupaten/Kota. Diantaranya, Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Bengkalis, Dumai, Siak, Indragiri Hilir.

Adapun cabang olahraga yang di pertandingkan sebanyak 39 cabor dan 555 Nomor, dengan jumlah medali sebanyak 555 medali emas, 555 medali perak dan 729 medali perunggu dengan kuota atlit mencapai 6.515 orang.

Cabang Olahraga Yang Di Pertandingkan Pada PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau, diantaranya,

* Aquatic (Renang Prestasi,Loncat Indah, Renang Indah, Polo Air)
* Anggar
* Angkat Besi, Angkat Bera, Bina Raga
* Atletik
* Balap Sepeda
* Base Ball, Soft Ball
* Bola Basket
* Billiar
* Bowling
* Bulu Tangkis
* Catur
* Dayung (Kano, Kayak,Dragon boat)
* Golf
* Gulat
* Judo
* Karate
* Layar
* Menembak
* Panahan
* Selam (Kolam, Laut)
* Senam (Artistik, Campuran)
* Sepak Bola
* Futsal
* Squash
* Pencak Silat
* Sepak Takraw
* Taekwondo
* Tenis
* Tenis Meja
* Tinju
* Bola Voli (Indor, Pantai)
* Wushu
* Aerosport (Aeromodeling, Gantole, Paralayang, Terbang Layang, Terjun Payung)
* Balap Motor
* Bridge
* Kempo
* Panjat Tebing
* Sepatu Roda
* Ski Air
* Tarung Derajat

Sumber : Situs Resmi PON Riau

Editor : Herry Febriyanto