Di Kabupaten Grobogan, 54 Penderita HIV/AIDS Tewas

oleh

Berdasarkan data yang di peroleh Jatengtime.com dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, dari tahun 2002 hingga Juni 2012 tercatat 54 pengidap HIV/AIDS meninggal dunia dari 191 orang penderita HIV/AIDS.

Bahkan hingga saat ini, tercatat 52 pria dan 63 wanita mengidap HIV, sedangkan pengidap AIDS 54 pria dan 22 Wanita.

Staf Pengelola Program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Grobogan, Rina Nur Afni, kepada Jatengtime.com Senin (27/08) di ruangan kerjanya mengatakan, kebanyakan dari para pengidap HIV/AIDS ini adalah para perantau yang jauh dari pasangannya.

“Sebanyak 33,3 persen dari jumlah pengidap HIV/AIDS ini, terinfeksi karena Hetero sexual yang di dominasi oleh usia 31 hinga 40 tahun,” katanya.

Dijelaskannya, hingga saat ini pihaknya telah melakukan berbagai cara untuk pencegahan agar tidak terus meluasnya penyebaran virus HIV/AIDS. Diantaranya, dengan cara terus melakukan sosialisasi tentang bahayanya HIV/AIDS baik kepada masyarakat maupun para pelajar.

“Para penderita itu kita dampingi dan kita berikan pembinaan agar tetap optimis dalam menjalani hidup. Jangan sampai mereka depresi, karena kalau sampai mereka depresi, tidak tertutup kemungkinan mereka akan menularkan virus ini kepada orang lain,” ungkapnya.*

Editor : Herry Febriyanto