Kedepan Polwan Harus Lebih Eksis

oleh

Menjelang peringatan hari Polisi Wanita (Polwan) yang ke 64 pada 1 September 2012 nanti, akan digelar berbagai kegiatan di wilayah hukum Polda Jateng.

Diantaranya, penegakkan ketertiban disiplin ( Gaktiplin) anggota Polwan, meliputi kerapian pakaian Polwan, kelengkapan KTA, dandanan rambut, kuku dan lainnya.

Kepala Pelayanan Markas Polda Jawa Tengah, AKBP. Dwi Nurwardani mengatakan, pihaknya juga akan menggelar kegiatan yang bersifat sosial. Diantaranya, anjangsana, bakti sosial, memberikan kurang lebih 150 makanan kepada tukang becak, penyuluhan-penyuluhan di sejumlah SMU di Kota Semarang, seperti SMU Pelita dan SMU 17 Semarang.

Saat ditemui di ruang kerjanya, kepada Jatengtime.com dirinya menceritakan pengalaman hidupnya selama menjadi Polwan. Wanita kelahiran Klaten 30 Agustus 1955 tersebut, merupakan lulusan Sekolah Bintara Militer Sukarela Polwan di Jakarta angkatan 1.

Selama menjalankan tugas sebagai seorang Polwan, dirinya pernah menjabat di bagian lalu lintas, sekretariat, Kabagmin serta Kabag Sumber Daya di beberapa wilayah di Indonesia. Semuanya dijalani dengan perasaan senang dan penuh tanggungjawab.

”Selama 36 tahun saya menjadi Polwan, banyak sekali pengalaman yang saya alami. Pertama kali menjadi Polwan, saya ditugaskan di Jakarta, lalu di Surabaya, Kalimantan Tengah, Bali dan saat ini di Polda Jateng,” ujar wanita yang sudah mempunyai 3 anak tersebut.

Diungkapkannya, sebagai seorang Polwan dan ibu rumah tangga, dirinya harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.

”Saya harus pandai membagi waktu untuk keluarga, tetapi biasanya saya harus mengorbankan salah satunya karena harus mendahulukan tugas sebagai polwan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, agar di HUT polwan yang ke 64 ini, Polwan semakin exis ke depannya dan mencapai puncak karier dengan baik.

“Bagi Polwan yang muda- muda, jangan terlalu cengeng dalam penugasan sebagai seorang polwan,” himbaunya.*

Editor : Herry Febriyanto