Tips Rambut Tetap Sehat Meski Menggunakan Jilbab

oleh

Penggunaan jilbab bagi umat muslim saat ini bukan hanya berfungsi untuk menutupi aurat saja, melainkan sudah menjadi tren mode untuk melengkapi penampilan.

Seiring waktu, jilbab kini kian bervariasi baik dari corak warna serta bentuknya, sehingga lebih leluasa memadukannya dengan busana dan riasan. Namun bagaimana menjaga rambur agar tetap sehat dan indah ketika mengenakan jilbab.

Berikut beberapa tips bagi kaum hawa yang menggunakan jilbab, agar rambut tetap sehat :

* Sebelum Anda mengenakan jilbab atau kerudung, pastikan rambut benar-benar kering setelah keramas. Usahakan keramas 2 jam sebelum mengenakan jilbab, agar rambut terhindar dari lembab dan lepek dan gunakan dengan hair dryer jika perlu.

* Pilihlah kerudung dari bahan ringan seperti katun karena dapat menyerap keringat dengan baik. Jika Anda beraktifitas diluar ruangan sebaiknya jangan menggunakan warna gelap atau hitam karena warna tersebut sangat mudah menyerap sinar matahari yang mengakibatkan suplai keringat berlebih.

* Jangan menggunakan jilbab berlapis kencang dan dililit hingga leher, agar asupan udara pada rambut cukup dan tidak terhambat karena jilbab yang terlalu kencang.

* Bagi Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya tidak mengikat rambut terlalu kencang. Karena akan menyebabkan kulit kepala tertarik, hingga menjadi pusing . Ikat sedang atau longar saja. Serta hindari daleman atau ciput yang terlalu kencang , selain membuat telinga Anda sakit juga rambut menjadi sulit bernafas.

* Keramaslah secara teratur dengan bahan alami minimal 2x sehari. Bisa juga menggunakan cem-ceman atau penyubur rambut sebelum tidur agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

* Jika Anda memiliki waktu luang ada baiknya melakukan treatment rambut. Anda bisa datangi salon-salon kecantikan muslimah terdekat lakukan creambath, hair spa atau hair mask, hal tersebut berfungsi agar rambut tetap sehat dan terjaga meski seharian mengenakan jilbab.*

Sumber : www.perempuan.com

Editor : Herry Febriyanto