Usai Rakor, 4 Pejabat Tinggi Langsung ke Sampang

oleh

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, Menteri Agama dan Menetri Dalam Negeri untuk menuntaskan bentrokan antar kelompok di Sampang, Madura.

Hal itu diungkapkan Jubir Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha kepada wartawan. Julian menambahkan keempat pejabat itu diperintahkan Presiden SBY ke Sampang saat rakor tadi pagi dilangsungkan.

Siang tadi pukul 13.00 WIB, Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan Panglima TNI Jenderal Agus Suhartono telah berangkat ke Surabaya. “Pak Mendagri dan Pak Menag akan menyusul hari ini juga,” imbuh Julian.

Para pejabat tinggi negara itu akan membantu penuntasan akar masalah konflik. Seperti soal penegakan hukum dan keamanan agar konflik tak meluas yang jadi tugas Polri dan TNI. Sedangkan tugas Menteri Dalam Negeri berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur dan Bupati Sampang. Mereka mempersiapkan upaya untuk memediasi dua komunitas keyakinan yang bertikai dan tindak lanjut mengelola keadaan pasca bentrok.

Julian menambahkan Menteri Agama Suryadharma Ali akan menemui para ulama agar membantu meredakan umat sehingga tidak terpancing provokasi.*wis