Dubes Norwegia Undang Jokowi Berkunjung ke Oslo

oleh

Duta Besar (Dubes) Norwegia untuk Indonesia, Stig Ingemar Traavik, Selasa (28/8) mengunjungi Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) di rumah dinas walikota Loji Gandrung. Pada pertemuan itu, Stig mengundang Jokowi untuk datang ke ibukota negaranya, Oslo serta mempelajari sistem transportasi massal di sana.

Pertemuan yang berlangsung santai selama 15 menit di ruang tamu Loji Gandrung, Stig dan Jokowi membicarakan soal transportasi di kedua negara. Stig menjelaskan bagaimana kesannya tentang transportasi di Indonesia serta menunjukkan bagaimana transportasi di Oslo yang meliputi berbagai jenis mulai dari kereta api, trem, bus, dan sebagainya.

Stig terlihat tiba di Loji Gandrung sekitar pukul 16.00 WIB dan hanya didampingi seorang perempuan. Saat ditanya kedatangannya ke Solo saat konferensi pers seusai pertemuan, Stig menjelaskan bahwa dirinya baru tiga pekan bertugas di Indonesia dan ingin melihat situasi di luar Jakarta. Selain Solo, Stig juga telah mengunjungi Jogja.

Stig mengaku dirinya tertarik untuk datang ke Solo karena Solo merupakan pusat kebudayaan Jawa dan dia banyak mendengar nama Jokowi sebagai pemimpin yang ramah dan merakyat. “Saya juga banyak mendengar beliau saat ini sedang mengikuti pemilihan sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Saya juga mengundang beliau datang ke Norwegia,” ujarnya.

Selain itu menurutnya Solo adalah kota yang dinamis dan memiliki posisi penting di wilayah Jawa sehingga sangat penting baginya untuk merasakan atmosfirnya. Kendati demikian, dia mengatakan sejauh ini belum ada rencana konkret untuk melakukan kerja sama dalam bidang apapun.

Jokowi sendiri mengaku sangat senang menerima kunjungan Dubes Norwegia tersebut, terlebih dengan undangannya untuk datang dan melihat sistem transportasi di ibukota Norwegia, Oslo. “Solo dan Oslo itu mirip, tidak hanya namanya tapi juga jumlah penduduknya hampir sama, sekitar 500.000-an orang. Tapi sistem transportasi massal di sana sudah sangat maju,” katanya. **SP/Wis.