Pasca Lebaran, Minat Masyarakat Donorkan Darah Tinggi

oleh

Selepas Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah, berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Tegal mulai tergerak kembali hatinya untuk mendonorkan darahnya. Seperti yang di lakukan oleh kelompok masyarakat Desa Karangdawa, Kecamatan Margasari dan Yayasan Surya Alam Indonesia beberapa waktu lalu, dengan menggelar kegiatan donor darah menyambut HUT Kemerdekaan RI dan Agenda rutin setiap 3 bulan sekali.

Kegiatan donor darah yang digelar di Desa Karangdawa menghasilkan 18 labu darah dalam waktu tiga jam, sedangkan di Yayasan Surya Alam Indonesia terkumpul puluhan kantong darah.

Menanggapi hal tersebut Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr. Bimo Bayuadji mengatakan, selama bulan ramadhan pasokan darah di Unit Tranfusi Darah-PMI terbilang krisis. Alhamdulillah, seusai bulan ramadhan minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya mulai bergairah kembali.

“Kami berharap berbagai elemen masyarakat dan pemerintah, bisa kembali semangat untuk mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, kebutuhan darah di PMI Kabupaten Tegal perharinya mencapai 50 kantong. Sehingga perlu terus dilaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat donor darah.

Sementara itu, hari Rabu (29/8) kemarin, PMI Kabupaten Tegal memberikan bantuan berupa paket sembako, famili kit dan perlengkapan rumah tangga lainnya kepada korban kebakaran di RT 5/5 Dukuh Aren, Desa/Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Sekretaris PMI Kabupaten Tegal kepada Pak Sabar (65) pemilik rumah yang terbakar.*

Editor : Herry Febriyanto