Gubernur Jateng Bagikan 344 Mesin Jahit ke Peserta Pelatihan Industri Pakaian

oleh

Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo, Jumat(31/08), bertempat di aula Dinperindag Provinsi Jateng di Jl. Tambak Aji No. 1 Semarang menyerahkan 344 buah mesin jahit kepada peserta Pelatihan SDM industri pakaian jadi atau garment serta pelepasan pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) dan penyerahan bantuan mesin jahit Hight Speed dari kamentrian perindustrian RI dan pemerintah Jateng.

“Saya harap peserta pelatihan mau belajar dengan sungguh- sungguh, sehingga nanti bisa mengimplementasikan ketrampilan yang diperolehnya,” ungkap Bibit.

Bibit menambahkan, dalam penyediaan tenaga kerja terampil yang siap bekerja sekaligus menanggulangi pengangguran, di pemprov Jateng saat ini telah menyediakan program fasilitas pelatihan ketrampilan yang dilakukan oleh Disperindag, seperti yang dilakukan oleh Balai Pengembangan SDM dan produk IKM, yang bertujuan untuk menekan angka pengangguran di Jateng dari tahun 2008 sebanyak 19,23 % hingga turun sebesar 15,23%.

Dalam acara tersebut hadir Wakil Mentri Perindustrian, Dr, Alex SW Retraubun, Dirjen Basis Industri Manufaktur(BIM), Dirjen Industri Kecil Menengah(IKM) kementrian RI dan Kepala Dinperindag Provinsi Jateng Ichwan Sudrajat.

Dalam sambutannya Kepala Dinperindag Provinsi Jateng Ichwan Sudrajat melaporkan adanya penurunan angka pengangguran di Jateng. Pihaknya telah mampu melaksanakan pelatihan tenaga kerja trampil yang siap bekerja sama dengan pelaku industri di Jateng.

“Tercatat sampai tahun 2012 ini tenaga yang sudah terlatih sejumlah 22.460 orang. Dari jumlah tersebut ada 19.315 orang yang sudah bekerja di industri di Jateng. Sementara 1.090 orang telah menjadi wirausaha baru mandiri,” ungkap Ichwan.**