Bupati Magelang Gelar Audiensi Terkait Program Huntap

oleh

PEMERINTAH Kabupaten Magelang mengundang perwakilan dan tokoh masyarakat Dusun Gempol untuk audiensi dengan Bupati Magelang Ir. Singgih Sanyoto terkait Program Hunian Tetap (Huntap), Sabtu (1/9) lalu.

Audiensi tersebut juga dihadiri Asisten Bidang I Agung Trijaya, SH, Kepala Bappeda Kab. Magelang Rohadi Pratoto, Kepala BPBD Kab. Magelang Drs. Eko Triyono dan beberapa pejabat SKPD terkait.

Bupati Magelang Ir. Singgih Sanyoto, dalam arahannya mengajak masyarakat Dusun Gempol untuk berpikir jernih mengenai program huntap yang diberikan pemerintah dilandasi atas dasar kemanusiaan dan keamanan warga di sekitar Area Terdampak Langsung (ATL) dimana dusun Gempol termasuk salah satu diantaranya.

Diungkapkannya, Pemerintah Kabupaten Magelang wajib memberikan transparansi informasi mengenai program pemerintah kepada masyarakat agar tidak berkembang isu-isu yang meresahkan dan merugikan masyarakat. Terlebih dalam melaksanakan suatu program, terlebih dahulu harus didasarkan kajian-kajian empiris dari para ahli dan pihak-pihak terkait.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Drs. Eko Triyono mengatakan, pendaftaran huntap untuk warga Area Terdampak Langsung (ATL) bencana Gunung Merapi masih dibuka selama 7 hari lagi.

Dirinya menghimbau, bahwa daerah Gempol, Sirahan dan Area Terdampak Langsung lainnya sebaiknya untuk sementara dikosongkan karena menurut beberapa kajian dari UGM maupun dari pemerintah pusat, daerah tersebut apabila terjadi Banjir Lahar merupakan daerah yang berbahaya, sementara pembangunan proyek pelurusan kali putih belum teruji keefektifannya menangkal banjir lahar.*

Sumber : Humas Pemkab Magelang

Editor : Herry Febriyanto