Pengurus NU Harus Mampu Kendalikan Permasalahan di Wilayah

oleh

KETUA Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (NU) Prof. Dr. KH. Said Agil Siraj, MA melantik pengurus cabang NU kabupaten Kendal periode 2012 -2017, Minggu, (2/9), di Pendopo kabupaten Kendal.

Pengurus baru yang dilantik merupakan hasil konferensi cabang NU yang digelar di Pondok Pesantren APIK Kaliwungu 17–18 Juli lalu. Sebagai Rais Syuriah NU, KH. Izzudin Abdussalam, Ketua Tanfidiyah NU, KH. Mohammad Danial dan Pengurus Tanfidiyah lain yaitu H. Mukhammad Mustamsikin, S.Ag. Msi.

KH. Said Agil menegaskan, pengurus NU harus mampu melaksanakan tugas-tugas ulama yaitu memahami, mendalami, mengembangkan dan meluaskan pemahaman beragama.

“Ulama harus mampu membimbing masyarakat, Tauhid itu penting, tetapi akhlak juga sangat penting. Oleh karena itu menghadapi tantangan era global, ulama harus memahami Al Qur’an sesuai dengan konteks perkembangan kemajuan zaman,” katanya.

Menanggapi permasalahan kasus teror di Solo dan konflik yang terjadi di Sampang, dirinya menghimbau agar ulama NU terutama yang berada di Kendal mampu mengendalikan masalah kemasyarakatan di wilayahnya. Seperti, mampu menjaga ahlak, budaya, tradisi dan jati diri bangsa.

“Perbedaan tidak boleh dijadikan alasan untuk membunuh orang,” ujarnya.

Dirinya pun mengutuk keras tindakan sekelompok orang yang melakukan teror dan pembunuhan sehingga menimbulkan korban.

“Pelaku teror dan pembunuhan harus segera ditangkap dan dihukum sesuai hukum yang berlaku,”harapnya.*

Sumber : Situs Resmi Pemkab Kendal

Editor : Herry Febriyanto