Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Mertua

oleh

MENJALIN hubungan baik dengan mertua dari istri maupun suami kita merupakan hal yang harus dijaga setiap saat, karena mereka sudah kita anggap seperti orangtua sendiri.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya keretakan hubungan dengan mertua, berikut ada beberapa tips untuk menjaga hubungan dengan baik oleh mertua yang dikutip dari www.perempuan.com :

• Tanamkan dalam diri anda bahwa mertua adalah sosok yang sejajar dengan orang tua anda, agar anda bisa memahami posisi mereka. Untuk itu maklumilah perilaku mereka dan anggap itu sebagai masukan, bukan sebagai hujatan atau kebijakan yang harus anda ambil karena yang bertanggung jawab di rumah tangga anda adalah suami yang bekerjasama dengan istri.

• Jaga frekuensi untuk mengunjungi mereka. Jika tidak ada waktu, maka sempatkanlah untuk berkunjung meski cuma sebentar dan usahakan jangan terlalu rutin. Meski sederhana, tindakan ini bisa sangat berpengaruh pada hubungan anda dengan mertua anda.

• Bersikaplah yang sopan dan santun saat berinteraksi dengan mertua anda. Namun anda tidak perlu bersikap terlalu berlebihan dan terlihat terlalu dipaksakan karena hal ini hanya akan memperburuk situasi, bersikaplah sewajarnya.

• Anggap mertua sebagai orang tua anda sendiri. Dengan demikian anda tidak akan merasa terlalu kikuk atau kaku saat berhubungan dengan mereka. Justru
sebaliknya, anda akan merasa nyaman dengan mereka.

• Saat akan berkunjung, jangan lupa untuk selalu membawa buah tangan. Tidak perlu terlalu mahal karena yang dinilai oleh mertua anda adalah perhatian
yang anda berikan kepada mereka. Namun sesuaikan pemberian dengan selera dan usia mereka. Jangan lupa untuk memastikan bahwa barang yang anda beri memang bermanfaat dan tidak terkesan terlalu murahan.*

Editor : Herry Febriyanto