Terkendala Koneksi, 66.219 Guru di Jateng Ikuti UKG 2 Oktober 2012

oleh

JIKA tidak aral melintang, Uji Kompetisi Guru (UKG) di Jawa Tengah yang terkendala teknis pada juli lalu akan mengikuti UKG 2 Oktobber 2012 mendatang. Sedikitnya, 66.219 guru bersetifikasi akan mengikuti UKG tersebut.Mereka adalah para guru yang mengikuti pelaksanaan uji kompetensi yang saat itu tertunda akibat ganguan tehnis dari Kemendikbud lantaran server Kemendikbud di beberapa daerah tidak terkoneksi.

Akibatnya,puluhan ribu guru di Jawa Tengah dari berbagai wilayah akhirnya batal menyelesaikan untuk proses pemetaan tersebut.Hal itu dikatakan Kasi Pemetaan pada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Yuli Haryanto.

Dikatakan Yuli, untuk di Provinsi Jawa Tengah khususnya tercatat jumlah peserta UKG pada tahap pertama bulan Juli lalu sebanyak 116.514 orang yang terdiri dari guru TK, SD,SMP dan SMA. Dan data yang terkumpul sejak dilaksanakan UKG dari tanggal 30 Juli hingga 4 Agustus 2012 lalu hanya 50.295 guru yang bisa mengikutinya ujarnya.

Saat pelaksanaan UKG itu, kata dia, peserta UKG hampir semua mengalami kegagalan karena tidak bisa tersambung dengan server pusat. namun, di hari kedua di beberapa wilayah mulai bisa terkoneksi tetapi ada juga daerah yang tidak terkoneksi. Untuk mengatasi hal itu, bagi guru yang gagal mengikuti UKG, kemendikbud menjadwal ulang pelaksanaan UKG yang akan dilaksanakan tanggal 2 Oktober 2012 mendatang, paparnya.**