Disdukcapil Boyolali Lakukan Rekam Data e-KTP Secara Mobile

oleh

BOYOLALI – Guna percepatan dan pengptimalan perekaman data E – KTP, Pemkab Boyolali melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil / Disdukcapil setempat melakukan perekaman data secara Mobile di seluruh wilayah kecam,atan di kabupaten Boyolali . Perekaman E- KTP secara Mobile ini akan dilakukan minggu ke 3 Bulan September 2012.

Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil kabupaten Boyolali Drs Bambang Sinungharjo melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pengolahan Data, Wur Laksono Sabtu 8 Seprember 2012 di kantornya. Dengan Mobile ini diharapkan bisa mempercepat perekaman data E- KTP di seluruh wilayah kabupaten Boyolali.

Perekaman E- KTP secara Mobile ini lanjut Wur laksono dilakukan oleh petugas dengan membawa Daftar wajib E–KTP yang belum terekan di setiap kecamatan. “Jadi Daftar Wajib E KTP yang belum sempat terekam datanya oleh petugas Kecamatan menjadi sasaran perekaman Mobile E – KTP dan biasanya mereka usia lanjut , orang yang sakit serta orang yang bekerja/ boro di luar kota,“ tegas Wur Laksono.

Jelang lebaran 1433 Hijriyah lalu ternyata tidak semua penduduk Boyolali yang boro / bekerja di luar Kota bisa terekan datanya karena tidak semua wargo boro tersebut pulang mudik ke kampung halaman di Boyolali. Untuk itu Pihaknya berharap bagi warga Boyolali yang boro untuk segera melakukan rekam Data E- KTP karena E_KTP sangat penting untuk identitas Diri dan untuk keperluan administrasi lainya. “Dengan punya KTP kita akan merasa aman dan nyaman serta bisa untuk urusan Perbankan , jual beli dan keperluan administrasi lainnya,“ tegasnya.

Dijelaskan, hingga tanggal 6 September 2012 Disdukcapil telah merekan Data E- KTP sebanyak 85,5 % atau 635.276 orang dari target Wajib E- KTP di Kota Susu Boyolali sebanyak 742.999 orang . “ Data tersebut masuk dari 19 Keca,matan di Boyolali “ Katanya.. Sementara untuk penyisiran rekam Data E- KTP lanjur Wur Laksono baru akan dilakukan bulan November – hingga Desember 2012. “Penyisiran Rekan data EKP akan kamu lakukan sesuai tahapan/ jadwal yakni November – Desember 2012,“ katanya.

Sementara Hingga bulan September E- KTP yang sudah jadi di kabupaten Boyolali sebanyak 93.368 atau 14,67 % dari 8 Kecamatan di Kabupaten Boyolali diantaranya Kecamatan : Teras , Nogosari , Ngemplak, Ampel , Cepogo , Musuk , Banyudono, Sambi . Meski ada sebagian sudah jadi, Namun pembagian EKTP akan dilakukan setelah mendapat petunjuk dari Kementrian Dalam Negeri.

“Jadi E- KTP yang jadi kami yahan dulu sambil menunggu petunjuk dari Pusat “ Katanya . Pembangian E _ KTP nanti lanjut Wur laksono tidak bisa dititipkan kepada orang lain , namun yang bersangkutan / Pemilik KTP harus datang sendiri karena saat pengambilan akan dilakukan pemadanan Sidik jari.

Sumber: Humas