Minggu, 26 Oktober 2014 | 15.27 WIB
Jateng Time
Kasus Dugaan Korupsi

Gempar Minta Kejati Jateng Limpahkan Berkas Perkara Mantan Ketua DPRD Kab. Semarang ke Pengadilan Tipikor

Sarbini  |  Semarang | Jumat, 2 November 2012 - 07.15 WIB | Dibaca: 819 kali
IMG-4374

GABUNGAN Elemen Masyarakat Peduli Amanat Reformasi (Gempar) Jawa Tengah mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah untuk segera melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi dana APBD Kabupaten Semarang tahun 2004 dengan tersangka mantan Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Sukimto cs.

Desakan itu disampaikan Koordinator Gempar Jawa Tengah, Widjayanto. Kepada Jatengtime, pagi ini.Dia menegaskan, tidak ada alasan bagi pihak penyidik untuk tidak sesegera mungkin melimpahkan berkas perkara kepada Pengadilan Tipikor, jika proses penyidikannya sudah clear, tegasnya.

Dikatakan Widjayanto, proses penyelidikan maupun penyidikan sudah dimulai pihak penyidik Kejaksaan Tinggi sejak 2008 lalu. Bahkan ditingkat penyidikan, penyidik telah menetapkan mantan Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Sukimto cs sebagai tersangka. Anehnya hingga kini berkas perkaranya tidak jelas juntrungannya, kritik Widjayanto.

Sebagai penggiat anti korupsi di Jawa Tengah, Gempar meminta pihak penyidik Kejati Jateng untuk segera melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi di Kabupaten Semarang tersebut. Jika hal itu diabaikan pihak Kejati, jangan salahkan masyarakat jika kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penegak hukum berbaju coklat itu semakin luntur, ujarnya.

Untuk sekedar diketahui, Kejati jateng sejak Tahun 2008 lalu, sudah melakukan penyelidikan dan penyidikan bahkan sudah menetapkan mantan Ketua DPRD Kabupaten Semarang Sukimto Cs sebagai tersangka terkait dugaan korupsi penggunaan dana APBD tahun 2004 melalui Pos Sekretariat DPRD yang direalisasikan sebesar Rp. 5.940.080.709.

Realisasi penggunaan anggaran tersebut diduga sarat dengan penyimpangan dan terindikasi merugikan keuangan daerah. Kasus tersebut dikenal dengan Dana Kesejahteraan Dewan DPRD Kabupaten Semarang. yang mana berdasarkan data yangg diperoleh Gempar terdapat penggunaan dana yang tidak sesuai peruntukan sebesar Rp. 2.897.290.000, terang Widjayanto.**

Ukuran Font  
Gabungan Elemen Masyarakat Peduli Amanat Reformasi (Gempar) Jawa Tengah mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah untuk segera melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi dana APBD Kabupaten Semarang tahun 2004.
Cetak

No Image Wakil Walikota Pariaman, Geneus Umar Tanda Tangani MoUWakil Walikota Pariaman Genius Umar, menghadiri Rapat kordinasi Regional Management sekaligus menandatangani MoU pembentukan Badan Kerjasama Regional Management Samudera Lintas Pesisir Wilayah Sumatra Barat di Pangeran Beach Hotel, Kamis (23/10/2014).

No Image Gerah Dengan Ulah Korupsi, KRPK Gelar Demonstrasi di BlitarGerah dengan ulah dugaan korupsi akhirnya warga Blitar, jawa Timur mendatangi kantor Kejaksaan negeri Blitar. para penbdemo menuntut agar pihak Kejaksaan mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang ada di Kota Blitar.

No Image Paket Acara Khusus Budaya Jateng Digelar di TMIIPaket Acara Khusus budaya yang di gelar di Taman Mini Indonesia Indah merupakan kegiatan Promosi Seni Budaya, Pariwisata, Investasi serta segala potensi unggulan dari daerah Kabupaten / Kota.

No Image Walikota Semarang Fokuskan Perbaikan Infrastruktur Wilayah PerbatasanTidak hanya pusat kota saja yang menjadi perhatian Pemkot Semarang, tetapi wilayah-wilayah perbatasan juga harus dilakukan pembenahan terutama dalam hal perbaikan infrastruktur.

Ads