Minggu, 23 November 2014 | 21.21 WIB
Jateng Time
Pariwisata

Panen Padi, Warga Tembalang Gelar Wayang Kulit

Supriyani  |  Semarang | Selasa, 6 November 2012 - 08.02 WIB | Dibaca: 498 kali
IMG-4479
Sekretaris Kecamatan Tembalang, Arifin S.Sos

SEBAGAI ungkapan rasa syukur panen padi, masyarakat Kecamatan Tembalang, Semarang, menggelar kegiatan apitan atau sedekah bumi dengan melaksanakan pagelaran wayang kulit dan pemotongan tumpeng, kemarin.

Sekretaris Kecamatan Tembalang, Arifin S.Sos mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan dalam panen padi.

“Meskipun banyak warga yang telah beralih profesi,namun acara ini tetap dilakukan untuk mengenang kebudayaan daerah,” katanya.

Diungkapkannya, alasan kenapa dipilih pagelaran wayang kulit karena wayang kulit merupakan cerminan dari sifat–sifat manusia, ada yang baik dan ada juga buruk.

“Selain itu wayang kulit juga dapat digunakan untuk sarana pembelajaran bagi anak–anak dan generasi muda, agar lebih mengenal budaya lokal dan dapat terus melestarikannya,” ungkapnya.*

Editor : HFO

Ukuran Font  
Sebagai ungkapan rasa syukur panen padi, masyarakat Kecamatan Tembalang, Semarang, menggelar kegiatan apitan atau sedekah bumi dengan melaksanakan pagelaran wayang kulit dan pemotongan tumpeng, kemarin.
Cetak

No Image Ali Mukhni Ajak Masyarakat Saksikan Sepak Bola HPNLaga final sepakbola Hari Pers Nasional (HPN) Sumbar yang mempertemukan tuan rumah Padang Pariaman Plus (PWI Padang Pariaman dan Padang) melawan tim PWI Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya (SSD) yang sejatinya digelar Sabtu (22/11) ini terpaksa ditunda pada hari yang sama pekan depan (29/11).

No Image Kantor Pelayanan Perizinan Mengurus 126 Jenis IzinKantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (KP2TPM) Kota Pariaman semula hanya mengurus 8 jenis perizinan. ejak tahun 2014 dilimpahkan sebanyak 126 jenis perizinan.

No Image Mukhlis Rahman : Didikan Subuh Bentuk Pendidikan KeagamaanSebanyak 970 santriwan/santriwati utusan dari 97 MDA se Kota Pariaman dan 465 guru dan pengelola MDA,penuhi halaman Balaikota Pariaman pada acara Apel akbar Didikan Subuh se Kota Pariaman Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Minggu (16/11/2014).

No Image Mukhlis Rahman Sosialisasikan SIP Berbasis GeospasialPemko Pariaman secara berkelanjutan terus berusaha membenahi sistem informasi termasuk data tentang kondisi dan aspek tata ruang Kota Pariaman yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu sehingga dapat diakses oleh setiap orang yang membutuhkan informasi tentang Kota Pariaman.

Ads