Sabtu, 19 April 2014 | 07.11 WIB
Jateng Time
Pariwisata

Pawai Budaya Warnai Peringatan Hari Jadi ke 182 Kabupaten Purbalingga

-  |  Purbalingga | Kamis, 20 Desember 2012 - 13.41 WIB | Dibaca: 378 kali
IMG-6200
salah satu kesenian Kabupaten Purbalingga. foto/humas

PAWAI budaya memperingati hari jadi ke 182 Kabupaten Purbalingga benar-benar menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat setempat. Ribuan warga turun ke jalan menyaksikan pawai yang digelar mulai dari jalan Jenderal Soedirman barat hingga di alun-alun.

Berbagai seni budaya ditampilkan, mulai dari tarian Lenggasor, karya putra Purbalingga hingga seni tradisi yang nyaris punah seperti Buncisan, Angguk dan Rodad ikut ditampilkan.

Pawai diawali dengan menampilkan komunitas penggemar sepeda tua. Penampilan ini cukup unik karena para anggota komunitas yang jumlahnya mencapai ratusan menggunakan pakaian yang nyeleneh. Ada yang berdandan seperti pejuang, dan ada pula yang seperti seniman.

Setelah penampilan komunitas sepeda tua, giliran tarian Lenggasor makin membuat suasana meriah. Puluhan penari lenggasor yang dimainkan anak-anak membuat para penonton berdecak kagum.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Akhmad Khotib mengungkapkan, pawai budaya diikuti 36 regu yang berasal dari 18 kecamatan se-Purbalingga. “Pawai budaya ini selain untuk memeriahkan hari jadi Purbalingga, juga untuk nguri-nguri budaya dan seni khususnya jenis seni yang nyaris punah’ kata Khotib.

Khotib menjelaskan, penampilan seni yang disuguhkan seperti seni Dames, angguk, rodak, kenthongan, hadroh, ebeg, buncisan, begalan dan sejumlah seni lainya.

Sumber : http://www.purbalinggakab.go.id.

Editor : HFO

Ukuran Font  
Pawai budaya memperingati hari jadi ke 182 Kabupaten Purbalingga benar-benar menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat setempat.
Cetak

No Image Alami Gangguan Jiwa, Agus Nekat Gantung DiriAgus Sugianto (30) ditemukan tewas gantung diri di kamar rumahnya, dukuh Kedokanjati RT 07 RW 01, desa Serang, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang.

No Image Pembekalan Tipping Point Leadership Oleh Danrem 051/WKTKomandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, memberikan pembekalan kepada Para Dandim, Para Kasi,Para Perwira Staf Korem 051/Wkt, Bertempat ruang data Lt 2 Makrem 051/Wkt

No Image Besok, Tim PGRI Kab Cirebon Bertolak Ke Malang Serahkan Bantuan Korban Gunung KeludKorban erupsi gunung Kelud yang terjadi beberapa waktu lalu ternyata mengugah rasa keprihatinan berbagai pihak tak terkecuali Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

No Image Dugaan Arus Pendek, 17 Kamar Mess Ludes TerbakarAkibat hubungan arus pendek, 17 ruang kamar yang difungsikan untuk mess karyawan Galaxy Billiard Pemalang, ludes dilalap si jago merah.

Ads