Senin, 2 Februari 2015 | 01.06 WIB
Jateng Time
Pariwisata

Pawai Budaya Warnai Peringatan Hari Jadi ke 182 Kabupaten Purbalingga

-  |  Purbalingga | Kamis, 20 Desember 2012 - 13.41 WIB | Dibaca: 565 kali
IMG-6200
salah satu kesenian Kabupaten Purbalingga. foto/humas

PAWAI budaya memperingati hari jadi ke 182 Kabupaten Purbalingga benar-benar menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat setempat. Ribuan warga turun ke jalan menyaksikan pawai yang digelar mulai dari jalan Jenderal Soedirman barat hingga di alun-alun.

Berbagai seni budaya ditampilkan, mulai dari tarian Lenggasor, karya putra Purbalingga hingga seni tradisi yang nyaris punah seperti Buncisan, Angguk dan Rodad ikut ditampilkan.

Pawai diawali dengan menampilkan komunitas penggemar sepeda tua. Penampilan ini cukup unik karena para anggota komunitas yang jumlahnya mencapai ratusan menggunakan pakaian yang nyeleneh. Ada yang berdandan seperti pejuang, dan ada pula yang seperti seniman.

Setelah penampilan komunitas sepeda tua, giliran tarian Lenggasor makin membuat suasana meriah. Puluhan penari lenggasor yang dimainkan anak-anak membuat para penonton berdecak kagum.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Akhmad Khotib mengungkapkan, pawai budaya diikuti 36 regu yang berasal dari 18 kecamatan se-Purbalingga. “Pawai budaya ini selain untuk memeriahkan hari jadi Purbalingga, juga untuk nguri-nguri budaya dan seni khususnya jenis seni yang nyaris punah’ kata Khotib.

Khotib menjelaskan, penampilan seni yang disuguhkan seperti seni Dames, angguk, rodak, kenthongan, hadroh, ebeg, buncisan, begalan dan sejumlah seni lainya.

Sumber : http://www.purbalinggakab.go.id.

Editor : HFO

Ukuran Font  
Pawai budaya memperingati hari jadi ke 182 Kabupaten Purbalingga benar-benar menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat setempat.
Cetak

No Image Penyebaran Dokter Kandungan Tidak MerataPenyebaran dokter spesialis kandungan di Jawa Tengah dinilai Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo MKes saat ini tidak merata.

No Image Optimalkan Infrastruktur, Sukseskan RPJMD 2013-2018Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP meminta segenap SKPD fokus untuk bekerja secara sinergi mengoptimalkan penyerapan anggaran demi merealisasikan RPJMD 2013-2018.

No Image Datuk Azman Minta Tes Urin Pelaku Pembakaran SudirmanKami meminta pihak Polres Karimun untuk memeriksa tes urin terhadap pelaku karena mustahil kalau pikiran waras, bisa melakukan hal yang sadis itu

No Image Kapolda Sumbar Hari Ini ke Padang PariamanKepala Bagiah Humas Pemkab Kabupaten Padang Pariaman, Hendra Aswara, di dalam siaran persnya, mengatakan Rabu (28/1/2015) pagi ini, Kapolda Sumatera Barat dan Kapaolres Padang Pariaman, berkunjung ke ibu Kabupaten Padang Pariaman-Parit Malintang.

Ads