Senin, 24 November 2014 | 13.31 WIB
Jateng Time
Lingkungan Hidup

Perdes Pengelolaan Lingkungan Hidup di Desa Tambi di Berlakukan

-  |  Wonosobo | Sabtu, 1 September 2012 - 07.10 WIB | Dibaca: 1.084 kali
IMG-2049
(foto. dok humas)

Pemerintah Kabupaten Wonosobo memberlakukan Peraturan Desa Tambi Nomor 2 Tahun 2012, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar.

Wakil Bupati Wonosobo, Dra. Hj. Maya Rosida mengatakan, diberlakukannya Perdes tersebut sejak 28 Agustus 2012, bertujuan untuk mengatur pengelolaan lingkungan hidup dan melestarikan lingkungan di wilayah Desa Tambi.

“Dengan perdes itu pula, masyarakat diwajibkan mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana. Sekaligus menghindari terjadinya penurunan kualitas lingkungan yang dapat berimbas pada menurunnya kesejahteraan masyarakat,” katanya yang dirilis dari situs resmi Pemrov Jateng.

Wabup meminta kepada para Camat untuk segera menyusun konsep Perdes di wilayah masing-masing, dalam dua bulan kedepan. Dimana setiap desa memiliki muatan lokal yang tidak selalu sama, sehingga perdes harus disesuaikan dengan kondisi desa masing-masing.

“Perdes yang telah diberlakukan harus segera disosialisasikan kepada warga, agar setiap warga mampu memahami dan menjalankan segala peraturan yang ditetapkan. Sehingga kelestarian kawasan Dieng yang menjadi penyangga kehidupan bagi jutaan manusia di bawahnya akan lebih terjamin,” ujarnya.

Selain Desa Tambi, dalam acara peresmian penerbitan Perdes di Aula Balai Desa Tambi tersebut juga menandai mulai berlaku efektifnya Perdes serupa untuk Desa Tieng. Kedua desa di kawasan Dieng tersebut diharapkan bisa menjadi desa percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Wonosobo.

Sementara itu Kepala Desa Tieng, Tri Pitoyo mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pemerintah Propinsi Jawa Tengah maupun Pemkab Wonosobo yang turut mendukung terwujudnya Perdes tersebut.

“Perdes tersebut secara lebih luas juga akan memberikan efek positif bagi penyelamatan kawasan dataran tinggi Dieng, sehingga diharapkan melalui peraturan desa itu juga akan segera dikonsep dan diterbitkan oleh desa-desa lain di Kecamatan Kejajar,” harapnya.*

Editor : Herry Febriyanto.

Ukuran Font  
Pemerintah Kabupaten Wonosobo memberlakukan Peraturan Desa Tambi Nomor 2 Tahun 2012, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar.
Cetak

No Image Ali Mukhni Ajak Masyarakat Saksikan Sepak Bola HPNLaga final sepakbola Hari Pers Nasional (HPN) Sumbar yang mempertemukan tuan rumah Padang Pariaman Plus (PWI Padang Pariaman dan Padang) melawan tim PWI Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya (SSD) yang sejatinya digelar Sabtu (22/11) ini terpaksa ditunda pada hari yang sama pekan depan (29/11).

No Image Kantor Pelayanan Perizinan Mengurus 126 Jenis IzinKantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (KP2TPM) Kota Pariaman semula hanya mengurus 8 jenis perizinan. ejak tahun 2014 dilimpahkan sebanyak 126 jenis perizinan.

No Image Mukhlis Rahman : Didikan Subuh Bentuk Pendidikan KeagamaanSebanyak 970 santriwan/santriwati utusan dari 97 MDA se Kota Pariaman dan 465 guru dan pengelola MDA,penuhi halaman Balaikota Pariaman pada acara Apel akbar Didikan Subuh se Kota Pariaman Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Minggu (16/11/2014).

No Image Mukhlis Rahman Sosialisasikan SIP Berbasis GeospasialPemko Pariaman secara berkelanjutan terus berusaha membenahi sistem informasi termasuk data tentang kondisi dan aspek tata ruang Kota Pariaman yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu sehingga dapat diakses oleh setiap orang yang membutuhkan informasi tentang Kota Pariaman.

Ads