Rabu, 27 Mei 2015 | 10.36 WIB
Jateng Time

1.776 Desa di Jateng Terima Bantuan Uang Pembinaan

Kusnia Waluyani  |  Semarang | Jumat, 31 Agustus 2012 - 16.19 WIB | Dibaca: 1.041 kali
IMG-2027
Kepala Bapermades Provinsi Jateng Kusumardhono

SEBANYAK 1.776 desa berkembang di Jawa Tengah, telah menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng berupa uang pembinaan.

Masing-masing desa berkembang tersebut mendapatkan Rp. 100 juta rupiah. Bantuan tersebut ditujukan kepada masyarakat kurang mampu diserahkan langsung oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Provinsi Jateng melalui Bapermades kabupaten/kota.

Kepala Bapermades Provinsi Jateng Kusumardhono menyatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan tersebut secara bertahap.Dimana setiap tahunnya, pihaknya mengalokasikan untuk 300 atau 400 desa da setiap tahun jumlah desa yang menerima selalu berubah.

“Untuk tahun 2012, kami sudah mengalokasikan sekitar 447 desa berkembang,” paparnya saat mengikuti rapat dengan anggota dewan DPRD Provinsi Jateng di Gedung Berlian, Jumat (31/08).

Dijelaskannya, dana tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Dari dana Rp 100 juta setiap desanya, akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan dikelola sendiri oleh kelompok di desa tersebut.

“Pastinya bukan hanya diberikan secara gratis, dana itu juga harus menghasilkan. Dimana penerimanya dapat berproduktif dan mendapatkan keuntungan disemua pihak,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan program PNPM Mandiri dari Bapermades Provinsi Jateng yang bertujuan membantu masyarakat kurang mampu dengan lebih berproduktif.

“Pemerintah provinsi hanya menfasilitasi, memonitoring dan membantu untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah. Setelah uang diterima masyarakat ya itu sudah hak mereka, yang penting masyarakat bisa produktif, sehingga desa berkembang bisa menjadi desa maju,” ungkapnya.*

Editor : Herry Febriyanto

Ukuran Font  
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades), memberikan bantuan uang pembinaan kepada 1.776 desa.
Cetak

POLRES DEMAK MENGADAKAN LOMBA SISKAMLING POLRES DEMAK MENGADAKAN LOMBA SISKAMLINGDemak,. Lomba ini dimaksutkan untuk menumbuh kembangkan lagi siskamling di desa desa yang sekarang mulai dirasakan berkurang atau dapat dikatakan mulai tidak ada. putaran pertama penilaian oleh tim yang dipimpin AKP Sutomo berlokasi di desa Medini yang mewakili kecamatan Gajah kabupaten Demak pada hari selasa, 19/05/2015. Tim penilai tiba di desa Medini pukul 21.wib disambut [...]

No Image Selama Setahun, LGN-OTA Santuni 854 Anak Asuh-Selama tahun 2014, Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGN-OTA) Kabupaten Jepara berhasil memberikan bantuan kepada 854 anak asuh dan 25 siswa terancam putus sekolah.

No Image Mutiara Karangbolong Ditampilkan di TMII – JakartaRatusan pengunjung memadati Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta, Minggu (22/3).

No Image Penurunan Nikah Dini Terganjal UU PernikahanPernikahan dini merupakan salah satu pemicu tingginya angka kematian ibu melahirkan (AKI) di Jawa Tengah

Ads