Sabtu, 29 Agustus 2015 | 13.06 WIB
Jateng Time

1.776 Desa di Jateng Terima Bantuan Uang Pembinaan

Kusnia Waluyani  |  Semarang | Jumat, 31 Agustus 2012 - 16.19 WIB | Dibaca: 1.159 kali
IMG-2027
Kepala Bapermades Provinsi Jateng Kusumardhono

SEBANYAK 1.776 desa berkembang di Jawa Tengah, telah menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng berupa uang pembinaan.

Masing-masing desa berkembang tersebut mendapatkan Rp. 100 juta rupiah. Bantuan tersebut ditujukan kepada masyarakat kurang mampu diserahkan langsung oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Provinsi Jateng melalui Bapermades kabupaten/kota.

Kepala Bapermades Provinsi Jateng Kusumardhono menyatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan tersebut secara bertahap.Dimana setiap tahunnya, pihaknya mengalokasikan untuk 300 atau 400 desa da setiap tahun jumlah desa yang menerima selalu berubah.

“Untuk tahun 2012, kami sudah mengalokasikan sekitar 447 desa berkembang,” paparnya saat mengikuti rapat dengan anggota dewan DPRD Provinsi Jateng di Gedung Berlian, Jumat (31/08).

Dijelaskannya, dana tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Dari dana Rp 100 juta setiap desanya, akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan dikelola sendiri oleh kelompok di desa tersebut.

“Pastinya bukan hanya diberikan secara gratis, dana itu juga harus menghasilkan. Dimana penerimanya dapat berproduktif dan mendapatkan keuntungan disemua pihak,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan program PNPM Mandiri dari Bapermades Provinsi Jateng yang bertujuan membantu masyarakat kurang mampu dengan lebih berproduktif.

“Pemerintah provinsi hanya menfasilitasi, memonitoring dan membantu untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah. Setelah uang diterima masyarakat ya itu sudah hak mereka, yang penting masyarakat bisa produktif, sehingga desa berkembang bisa menjadi desa maju,” ungkapnya.*

Editor : Herry Febriyanto

Ukuran Font  
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades), memberikan bantuan uang pembinaan kepada 1.776 desa.
Cetak

No Image KAPOLDA JATENG “ POLRI DAN KEJAKSAAN UNTUK TIDAK MENCARI-CARI YANG TIDAK PERLU BERKAITAN DENGAN DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI “Hal ini di tegaskan Kapolda Jawa Tengah IRJEN Pol, Drs. Nur Ali, SH di hadapan seluruh jajaran Muspida,

No Image SMK 2 DEMAK BERINOVASI TEKNOLOGI NYATA BUKAN REKAYASAAjang pameran GELAR INIVASI PRESTASI & JOB FAIR di Alun-alun Demak yang di buka hari ini Kamis ( 27/ 8/ 2015 ) sampai tanggal 29/ 8/ 2015 menjadi sarana warga Demak untuk melihat prestasi siswa-siswi SMP dan SMA/ SMK se Kabupaten Demak

No Image SMAN 2 DEMAK ARIF BUDAYA SERTA PEDULI ALAMTidak hanya di kenal dengan prestasi Akademik, Olah raga sebagai juara tingkat Nasioanal dan Asia, ke Bhinekaan siswa dengan adanya pelajar Papua, ternyata

No Image PENGAMANAN PILKADA POLRES DEMAK JUGA SIAGAKAN SNIPERPengamanan semua tahapan Pilkada Demak tahun 2015 di sikapi sarius oleh aparat keamanan kususnya jajaran Polres Demak

Ads