Sabtu, 19 April 2014 | 16.24 WIB
Jateng Time

1.776 Desa di Jateng Terima Bantuan Uang Pembinaan

Kusnia Waluyani  |  Semarang | Jumat, 31 Agustus 2012 - 16.19 WIB | Dibaca: 659 kali
IMG-2027
Kepala Bapermades Provinsi Jateng Kusumardhono

SEBANYAK 1.776 desa berkembang di Jawa Tengah, telah menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng berupa uang pembinaan.

Masing-masing desa berkembang tersebut mendapatkan Rp. 100 juta rupiah. Bantuan tersebut ditujukan kepada masyarakat kurang mampu diserahkan langsung oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Provinsi Jateng melalui Bapermades kabupaten/kota.

Kepala Bapermades Provinsi Jateng Kusumardhono menyatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan tersebut secara bertahap.Dimana setiap tahunnya, pihaknya mengalokasikan untuk 300 atau 400 desa da setiap tahun jumlah desa yang menerima selalu berubah.

“Untuk tahun 2012, kami sudah mengalokasikan sekitar 447 desa berkembang,” paparnya saat mengikuti rapat dengan anggota dewan DPRD Provinsi Jateng di Gedung Berlian, Jumat (31/08).

Dijelaskannya, dana tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Dari dana Rp 100 juta setiap desanya, akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan dikelola sendiri oleh kelompok di desa tersebut.

“Pastinya bukan hanya diberikan secara gratis, dana itu juga harus menghasilkan. Dimana penerimanya dapat berproduktif dan mendapatkan keuntungan disemua pihak,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan program PNPM Mandiri dari Bapermades Provinsi Jateng yang bertujuan membantu masyarakat kurang mampu dengan lebih berproduktif.

“Pemerintah provinsi hanya menfasilitasi, memonitoring dan membantu untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah. Setelah uang diterima masyarakat ya itu sudah hak mereka, yang penting masyarakat bisa produktif, sehingga desa berkembang bisa menjadi desa maju,” ungkapnya.*

Editor : Herry Febriyanto

Ukuran Font  
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades), memberikan bantuan uang pembinaan kepada 1.776 desa.
Cetak

No Image Alami Gangguan Jiwa, Agus Nekat Gantung DiriAgus Sugianto (30) ditemukan tewas gantung diri di kamar rumahnya, dukuh Kedokanjati RT 07 RW 01, desa Serang, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang.

No Image Pembekalan Tipping Point Leadership Oleh Danrem 051/WKTKomandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, memberikan pembekalan kepada Para Dandim, Para Kasi,Para Perwira Staf Korem 051/Wkt, Bertempat ruang data Lt 2 Makrem 051/Wkt

No Image Besok, Tim PGRI Kab Cirebon Bertolak Ke Malang Serahkan Bantuan Korban Gunung KeludKorban erupsi gunung Kelud yang terjadi beberapa waktu lalu ternyata mengugah rasa keprihatinan berbagai pihak tak terkecuali Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

No Image Dugaan Arus Pendek, 17 Kamar Mess Ludes TerbakarAkibat hubungan arus pendek, 17 ruang kamar yang difungsikan untuk mess karyawan Galaxy Billiard Pemalang, ludes dilalap si jago merah.

Ads