Rabu, 22 Oktober 2014 | 01.17 WIB
Jateng Time
Sosial

Bazis Semarang Santuni 200 Anak Yatim Piatu

-  |  Semarang | Sabtu, 24 November 2012 - 09.47 WIB | Dibaca: 486 kali
IMG-5178
ilustrasi logo BAZIS.net

BADAN Amil zakat, Ianfaq dan Sadaqah (Bazis) Kabupaten Semarang memberikan santunan kepada 200 anak yatim piatu. Santunan tersebut diserahkan langsung Wakil Bupati Semarang Ir.H. Warnadi di rumah Joglo, Kecamatan Kaliwungu, kemarin.

“Pendidikan dan pembinaan akhlak anak yatim piatu, menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat,” kata Wabup Semarang.

Menurut Wabup, sebelum menjadi beban masalah di masa mendatang, mulai saat ini kita harus terus memberikan pendidikan baik ilmu pengetahuan dan agama. Agar mereka menjadi bagian dari generasi penerus bangsa yang bermutu tinggi.

Sementara itu Anggota BAZIS Kabupaten Semarang, Zaenal Abidin menjelaskan, penyerahan santunan kepada yatim piatu merupakan kegiatan rutin pada bulan Muharam. Adapun dana untuk santunan yatim piatu tahun ini sebesar Rp 28 juta.

“Meskipun nominalnya sama dengan tahun lalu, namun jumlah penerima terus berkembang. Karena ada anak yatim yang menerima santunan tahun lalu, sekarang menolak karena sudah bisa mandiri. Santunan dialihkan kepada yang lain,” ujarnya.

Diungkapkannya, dipilihnya Kecamatan Kaliwungu sebagai salah satu tempat penyerahan santunan karena beberapa pertimbangan. Diantaranya, setoran dana ZIS setiap bulan yang terus meningkat berkisar antara Rp 2,5 juta-Rp 2,7 juta.

“Selain itu ada tiga desa di Kaliwungu yang telah memiliki lembaga BAZIS di tingkat desa. Kondisi ini sangat memudahkan proses pengumpulan dana ZIS. Sekaligus meningkatkan potensi dana ZIS dari masyarakat,” ungkapnya.

Zenal menghimbau kepada masyarakat yang mampu, untuk tidak segan menyerahkan pengelolaan dana ZIS kepada BAZIS Kabupaten Semarang. Sebab hasil pengelolaan telah dirasakan langsung oleh masyarakat termasuk penyediaan layanan ambulance gratis.

“Rencananya BAZIS Kabupaten Semarang akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menambah armada ambulance gratis. Ambulance itu nantinya akan ada yang ditempatkan di Kecamatan Kaliwungu untuk memudahkan dan memperluas pelayanan di wilayah selatan,” terangnya.*

Sumber : Humas Pemkab Semarang

Editor : HFO

Ukuran Font  
Badan Amil zakat, Ianfaq dan Sadaqah (Bazis) Kabupaten Semarang memberikan santunan kepada 200 anak yatim piatu. Santunan tersebut diserahkan langsung Wakil Bupati Semarang Ir.H. Warnadi di rumah Joglo, Kecamatan Kaliwungu, kemarin.
Cetak

No Image Nelayan Pulolampes Bulakamba Berharap Suntikan DanaPuluhan nelayan Pulolampes Kecamatan Bulakamba berharap kepada Bupati Brebes untuk memberikan suntikan dana untuk aktivitas kerjanya. Pasalnya, selama ini dana yang dia dapatkan dari para rentenir.

No Image Dies Natalis, Undip Usung Konsep Otonomi dalam HarmoniUniversitas Diponegoro (Undip) segera berubah status dari Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

No Image Polres Demak Berhasil Tangkap 12 PenjudiDalam rentang waktu dua bulan terakhir, jajaran Polres Demak yang dipimpin Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) R.Setijo Nugroho Hasto berhasil mengungkap dan menangkap 12 pelaku perjudian di wilayah hukumnya.

No Image Perceraian Picu Perkembangan Trafficking di JabarTingginya angka perceraian di beberapa kabupaten/kota di Jabar ternyata memicu perkembangan trafficking (perdagangan manusia).

Ads