Gubernur Puji Mobil H-Molex Ciptaan Unisulla Semarang

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung (FTI Unissula) Semarang, berhasil merakit mobil listrik yang diberi nama Mobil Hybrid H-Molex (Hybrid Mobile Elextric). Mobil hybrid yang merupakan hasil karya dosen dan mahasiswa ini dikenalkan perdana di kantor Gubernur, Kamis (19/7).

Perkenalan ini juga menjadi catatan sejarah karena H-Molex berhasil masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) ke 5.523 untuk kategori mobil listrik pertama yang memanfaatkan tiga sumber energi, yakni gas, matahari, dan premium.

“Saya minta ini terus disempurnakan, dinas terkait Jateng juga yang harus menindaklanjuti. Untuk ilmunya, tentu dari Unisulla Semarang,” kata Gubernur Jateng H. Bibit Waluyo kepada Jatengtime.com.

Menurutnya, ini adalah sebuah inovasi dan kreasi dari tunas muda Jateng. Dalam pengenalan perdananya, gubernur mencoba dua kali putaran mengelilingi halaman upacara kantor gubernuran.

Penghargaan rekor ini diserahkan langsung oleh Senior Manager MURI Paulus Pangka kepada Unisulla Semarang selaku penggagas sekaligus pembuat mobil hybrid.

Sementara itu Rektor Unisulla Semarang Prof. Dr. Laode M Kamaludin, mengatakan, mobil H-Molex ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Mobil ini kedepan akan diajukan untuk mendapatkan hak paten dari pihak berwenang. Sebagai langkah awal, karya ini dicatatkan terlebih dulu melalui MURI,” jelasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.