Jumat, 27 Maret 2015 | 18.55 WIB
Jateng Time
Wanita dan Keluarga

Pemkab Semarang Targetkan Penurunan 2 Digit AKI di Tahun 2013

-  |  Semarang | Kamis, 29 November 2012 - 09.27 WIB | Dibaca: 684 kali
IMG-5396
ilustrasi logo Pemkab Semarang.net

GUNA menekan peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI), Pemerintah Kabupaten Semarang di tahun 2013 mendatang menargetkan penurunan sekitar 2 digit.

Angka Kematin Ibu (AKI) Kabupaten Semarang pada tahun 2011 mencapai 21 kasus atau 146 per 100 ribu kelahiran. Angka tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2010 lalu yang hanya 15 kasus atau 101 per seratus ribu kelahiran hidup.

“Menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pencapaian itu. Termasuk para kepala desa,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr Ani Rahardjo MPPH saat mewakili Bupati Semarang pada acara sosialisasi Maternal infant Mortality Meeting (M3) tingkat Kecamatan Bringin di aula kecamatan setempat, kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan M3 dimaksudkan untuk menegaskan komitmen segenap elemen masyarakat untuk bekerja sama menekan angka kematian ibu dan bayi. Sehingga kedepannya akan ada kesepakatan-kesepakatan sebagai dasar tindak lanjut kegiatan nyata.

“Pengaktifan forum kesehatan desa merupakan bagian penting untuk meningkatkan derajad kesehatan ibu hamil, melahirkan dan bayi serta balita di tingkat desa,” ujarnya.

Sementara itu Anggota Tim Monitoring M3 Kabupaten Semarang, Khabib Sholeh mengatakan, kepala desa memegang peran kunci membantu petugas kesehatan terutama bidan desa untuk melayani ibu hamil dan melahirkan.

“Jadi kepala desa juga harus siaga jika ada warganya yang hamil,” ujarnya.*

Sumber : Humas Pemkab Semarang

Editor : HFO

Ukuran Font  
Guna menekan peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI), Pemerintah Kabupaten Semarang di tahun 2013 mendatang menargetkan penurunan sekitar 2 digit.
Cetak

No Image Wartawan Temukan Potongan Tangan Korban KebakaranKebakaran yang mengharukan yang di alami keluarga Agung Sumantri warga Desa Botosengon,Kecamatan Dempet,Kabupaten Demak harus kehilangan ke tiga buah hatinya yang masih balita yakni Fadli (10) Shinta (8) dan Juwita (3).

No Image Istri Kapolres Demak Datangi Bekas Rumah Korban KebakaranSetelah memberikan bantuan kepada korban kebakaran, Agung Sumantri yang mengakibatkan korban harus kehilangan tiga anak sekaligus, istri Kapolres Demak dan rombongan berkenan melihat langsung lokasi rumah korban yang kebakaran.

No Image Kapolres Demak Serahkan Bantuan 1 Unit Rumah Sederhana ke Keluarga Korban KebakaranKepedulian jajaran Polres Demak terhadap keluarga korban kebakaran beberapa waktu lalu ditunjukan langsung oleh korp berbaju coklat itu.

No Image Koppas Pd. Sago Berikan Piagam Pada Ali MukhniPengurus Koperasi Pasar Padang Sago, memberikan Piagam Penghargaan kepada Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, sebagai anggota dan Pembina serta atas kepeduliannya di dalam memajukan Koppas Padang Sago, terbukti dengan terdaftar menjadi anggota.

Ads