Kamis, 18 Desember 2014 | 10.58 WIB
Jateng Time
Wanita dan Keluarga

Pemkab Semarang Targetkan Penurunan 2 Digit AKI di Tahun 2013

-  |  Semarang | Kamis, 29 November 2012 - 09.27 WIB | Dibaca: 579 kali
IMG-5396
ilustrasi logo Pemkab Semarang.net

GUNA menekan peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI), Pemerintah Kabupaten Semarang di tahun 2013 mendatang menargetkan penurunan sekitar 2 digit.

Angka Kematin Ibu (AKI) Kabupaten Semarang pada tahun 2011 mencapai 21 kasus atau 146 per 100 ribu kelahiran. Angka tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2010 lalu yang hanya 15 kasus atau 101 per seratus ribu kelahiran hidup.

“Menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pencapaian itu. Termasuk para kepala desa,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr Ani Rahardjo MPPH saat mewakili Bupati Semarang pada acara sosialisasi Maternal infant Mortality Meeting (M3) tingkat Kecamatan Bringin di aula kecamatan setempat, kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan M3 dimaksudkan untuk menegaskan komitmen segenap elemen masyarakat untuk bekerja sama menekan angka kematian ibu dan bayi. Sehingga kedepannya akan ada kesepakatan-kesepakatan sebagai dasar tindak lanjut kegiatan nyata.

“Pengaktifan forum kesehatan desa merupakan bagian penting untuk meningkatkan derajad kesehatan ibu hamil, melahirkan dan bayi serta balita di tingkat desa,” ujarnya.

Sementara itu Anggota Tim Monitoring M3 Kabupaten Semarang, Khabib Sholeh mengatakan, kepala desa memegang peran kunci membantu petugas kesehatan terutama bidan desa untuk melayani ibu hamil dan melahirkan.

“Jadi kepala desa juga harus siaga jika ada warganya yang hamil,” ujarnya.*

Sumber : Humas Pemkab Semarang

Editor : HFO

Ukuran Font  
Guna menekan peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI), Pemerintah Kabupaten Semarang di tahun 2013 mendatang menargetkan penurunan sekitar 2 digit.
Cetak

No Image Mardison Mahyuddin Akan Panggil Wako PariamanKetua DPRD Kota Pariaman, Drs. Mardison Mahyuddin, MM, mengatakan, akan memanggil Walikota Pariaman, Drs. Mukhlis Rahman, MM, sekaitan dengan membawa sebagian wartawan pergi jalan-jalan ke luar daerah, dengan memakai dana APBD Kota Pariaman.

No Image Genius Umar : PNS Wajib Tahu Tupoksi KerjaPimpinan SKPD, Camat dan Kepala bagian di Lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman diberi sosialisasi penyuluhan hukum dengan tema Upaya pemberantasan tindak pidana korupsi melalui tindakan prevektif.

No Image Pariaman Tengah Juara Umum MTQ ke VI Kota PariamanMusabaqoh Tilawatil Qur an (MTQ) ke-VI Tingkat Kota Pariaman yang diadakan di Kecamatan Pariaman Selatan ditutup Sekdako Armen, ditandai Pemukulan Beduk di Halaman Kantor Camat Pariaman Selatan, Jum at (05/12/2014) malam.

No Image Kemendagri Poros Pemerintahan Secara Nasional dan DaerahMenteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tjahyo Kumolo, saat memimpin apel bersama di halaman Kantor Bupati Semarang 3 Desember 2014 lalu, menyampaikan bahwa kebijakan yang diambilnya di lingkungan jajaran Kemendagri, yakni setiap hari Senin, diminta kepada seluruh staf, untuk apel pagi jam 08.00.

Ads