Sabtu, 30 Agustus 2014 | 19.10 WIB
Jateng Time
Wanita dan Keluarga

Pemkab Semarang Targetkan Penurunan 2 Digit AKI di Tahun 2013

-  |  Semarang | Kamis, 29 November 2012 - 09.27 WIB | Dibaca: 460 kali
IMG-5396
ilustrasi logo Pemkab Semarang.net

GUNA menekan peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI), Pemerintah Kabupaten Semarang di tahun 2013 mendatang menargetkan penurunan sekitar 2 digit.

Angka Kematin Ibu (AKI) Kabupaten Semarang pada tahun 2011 mencapai 21 kasus atau 146 per 100 ribu kelahiran. Angka tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2010 lalu yang hanya 15 kasus atau 101 per seratus ribu kelahiran hidup.

“Menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pencapaian itu. Termasuk para kepala desa,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr Ani Rahardjo MPPH saat mewakili Bupati Semarang pada acara sosialisasi Maternal infant Mortality Meeting (M3) tingkat Kecamatan Bringin di aula kecamatan setempat, kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan M3 dimaksudkan untuk menegaskan komitmen segenap elemen masyarakat untuk bekerja sama menekan angka kematian ibu dan bayi. Sehingga kedepannya akan ada kesepakatan-kesepakatan sebagai dasar tindak lanjut kegiatan nyata.

“Pengaktifan forum kesehatan desa merupakan bagian penting untuk meningkatkan derajad kesehatan ibu hamil, melahirkan dan bayi serta balita di tingkat desa,” ujarnya.

Sementara itu Anggota Tim Monitoring M3 Kabupaten Semarang, Khabib Sholeh mengatakan, kepala desa memegang peran kunci membantu petugas kesehatan terutama bidan desa untuk melayani ibu hamil dan melahirkan.

“Jadi kepala desa juga harus siaga jika ada warganya yang hamil,” ujarnya.*

Sumber : Humas Pemkab Semarang

Editor : HFO

Ukuran Font  
Guna menekan peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI), Pemerintah Kabupaten Semarang di tahun 2013 mendatang menargetkan penurunan sekitar 2 digit.
Cetak

No Image Jateng Sabet 3 Piala dalam Parade Tari Nusantara 2014Peserta Parade Tari Nusantara ini berasal dari 33 Provinsi se Indonesia, Jawa Tengah mendapatkan nomor urut penampilan 17 pada pekan Hari kemerdekaan Republik Indonesia di Teater Bhineka Tunggal Ika ( TBTI ) TMII Jakarta.

No Image PKDP Pemersatu Rang Piaman di RantauWakil Walikota Pariaman DR.Genius Umar, S.Sos,M.Si menghadiri undangan Halal Bi Halal warga PKDP Solok yang bertempat di Aula SMKN 1 Kota Solok, Selasa (19/08/2014).

No Image Wagub Jateng: Jangan Berkarya Hanya Untuk Diri SendiriTiga aspek ini harus kita dorong terus menerus agar bisa memaknai kemerdekaan Indonesia dengan benar dan baik.

No Image Bupati Semarang Sidak Uji Fisik Ranmor AngkutanGuna mengetahui dan mencegah kemungkinan praktik pungutan liar (pungli), Bupati Semarang H Mundjirin melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tempat uji fisik (kir).

Ads