Rabu, 28 Januari 2015 | 05.57 WIB
Jateng Time

Arwana, Ikan Pembawa Hoki Dari Kapuas Hulu

Pontianak | Rabu, 9 Januari 2013 - 20.27 WIB | Dibaca: 984 kali
IMG-7217
Arwana Sentarum

IKAN hias yang merupakan kekayaan alam Kab.Kapuas Hulu itu juga terdapat di Kalsel, Jambi, Papua, Kab.Melawi juga di Kalbar, tapi tak seberapa populasinya dibandingkan dengan habitatnya di Danau Sentarum dan beberapa sungai/danau lainnya di Kapuas Hulu.

Arwana (sceleropages formosus) yang oleh masyarakat setempat dinamai Ikan Siluk, oleh warga keturunan Tionghoa di tanah air dinamai Ikan Naga. Dinamai demikian karena susunan sisiknya yang tertata rapi mirip susunan sisik naga (Liong) serta memiliki beberapa nama lain lagi.

Banyak jenis ikan investasi Kapuas Hulu itu, mulai dari yang anakannya berharga puluhan ribu rupiah/ekor seperti Arwana Hijau dan putih, hingga yang tiga-jutaan rupiah / ekor.

Ikan bergengsi itu untuk yang masih muda (3 – 4 bulan) sepanjang lk. 20 Cm – 30 Cm harga di Kalbar sendiri bisa mencapai Rp.10,-juta – Rp.15,-juta / ekor tergantung jenis dan keunikan tertentu yang terdapat pada masing-masing si pembawa hoki.

Sejak sekitar 15 tahun silam sedikitnya terdapat 20 perusahaan penangkar Arwana di Kota Pontianak, Kab.Pontianak, Kab.Kubu Raya, dan di Kapuas Hulu sendiri, untuk si pembawa keberuntungan yang berkwalitas ekspor dan dapat memberi keuntungan menggiurkan itu.

Jenis Arwana alias Siluk yang paling digilai penghoby aquariuman di rumah dan dikembangbiak kan penangkar adalah Siluk Merah (red), Golden Red (merah keemasan), dan Super Red (sangat merah).

Harga Super Red dewasa (30 – 40 Cm) berusia mulai setahunan tentu saja yang mulus – tidak cacat, mencapai Rp.15,- juta – Rp.25,- juta /ekor bahkan ratusan juta rupiah/ekor jika ditemui keunikannya yang luar biasa.

Perlu waktu panjang dan ketekunan untuk mahir memelihara si cantik nan cerewet. Jika tidak, dia hanya akan bertahan di aquarium dalam hitungan menit akan ko-id yang berarti buang – buang duit.*

Ukuran Font  
Ikan Arwana yang oleh masyarakat keturunan Tionghoa dikenal sebagai pembawa hoki atau keberuntungan, mempunyai seluk-beluk panjang lebar tentang keistimewaan dan keunikannya. Dia cantik tapi cerewet dalam pemeliharaan.
Cetak

No Image Calon Wali Nagari Batu Kalang LimaBupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, telah menurunkan surat Persetujuan Penetapan Calon Wali Nagari Batu Kalang, kepada Camat Padang Sago. Surat tertanggal 23 Januari 2015 tersebut, telah diterima Camat Padang Sago, Syamsunar, BA, Selasa (27/1/2015).

No Image Proyek Jambatan Ampalu Tanpa Plang ProyekPekerjaan proyek jembatan Sura Madu, Ampalu Kenagarian Lareh Nan Panjang yang menghubungkan dengan Lurah Ampalu Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, telah siap dilaksanakan, sejak beberapa bulan belakang.

No Image Tak Mau Lantik Budi Gunawan, Jokowi Terancam PemakzulanJAKARTA – Nama Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi persetujuan DPR. Namun, Budi tak kunjung dilantik menjadi Kapolri definitif karena ditetapkan sebagai tersangka korupsi yang kasusnya ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hanya saja, sikap Presiden Jokowi yang tak melantik Budi sebagai Kapolri bisa berujung persoalan serius. Sebab, DPR [...]

No Image Tambang Galian C Merajalela, Pulau Kundur,Karimun Kian TermutilasiKondisi ini semestinya segara disikapi,baik oleh dinas Pertambangan badan lingkungan hidup,DPRD dan Pemerintah Kabupaten Karimun, karena bukan tidak mungkin akan menjadi sebuah kesengsaraan masyarakat Pulau Kundur dimasa mendatang.

Ads