Sabtu, 20 September 2014 | 10.53 WIB
Jateng Time

Bupati Temanggung Resmikan Kantor UMKM Center

Budi Santosa  |  Temanggung | Minggu, 14 April 2013 - 09.38 WIB | Dibaca: 486 kali
IMG-10903
Bupati membuka penutup Papan Nama UMKM Center. (Foto: Budi Santosa)

TEMANGGUNG, JATENG TIME – Bupati Temanggung Drs.H. Hasyim Affandi resmikan kantor UMKM Center di Kledung Rest Area, kemarin. Kantor UMKM yang terletak di desa Kledung, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung itu berada persis dipinggir jalur Wonosobo- Temanggung.

Hadir pada acara peresmian tersebut Wakil Bupati, Pimpinan DPRD, Ketua Komisi B dan Komisi C, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, seluruh Camat di Kab. Temanggung dan kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah maupun seluruh jajaran dibawah Disperindagkop Kab. Temanggung.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, peresmian ini merupakan misi kelima dalam perbaikan ekonomi kerakyatan ( koperasi, perdagangan dll ). Biaya 1 M untuk pembangunan UMKM Centre ini merupakan langkah yang kecil dibandingkan Peran Koperasi di Temanggung. Aset yang disediakan koperasi dalam misi kelima ini adalah sekitar 350 M.

Disamping itu Pemkab Temanggung menyiapkan diri untuk langkah yang besar dengan memajukan bidang Agrobisnis, dan Pertanian untuk mengantisipasi perkembangan perekonomian Pertanian Global Asean 2016.

Dengan menyiapkan embung-embung untuk mengantisipasi kekurangan air di beberapa daerah sehingga bisa menjaga kontinuitas produksi pertanian, disamping menanam bibit tanaman unggulan dengan buah komuditas yang tinggi, sehingga hal itu bisa mengantisipasi perkembangan dalam perekonomian Pertanian global Asean. Dan harapannya UMKM centre ini menjadi Outlet dan bisa menjadi wadah dalam memasarkan hasil pertanian di Temanggung. Peremian dilakukan dengan membuka penutup Papan Nama UMKM Centre dan memotong untaian bunga melati

Sementara itu, Ir.Rony Nurhastuti,M.Si mengatakan, pembangunan gedung UMKM Center, yang dikelola oleh Koperasi Berkah merupakan tempat untuk memasarkan segala produk UMKM yang ada di Temanggung. Menurut Rony pula, UMKM Centre ini dibangun diatas Tanah milik Pemda Temanggung. Biaya Pembangunan dari Bantuan Gubernur Jateng 2012 sebesar Rp.500 juta dan APBD Temanggung sebesar Rp.500 juta.

Sedangkan peralatan operasional komplit adalah bantuan dari Dinas Koperasi dan UMKM Prop. Jateng. Meja dan kursi dari APBD 2013. Untuk sementara biaya operasional masih dibantu dari dana APBD. Koperasi Berkah ini dikelola oleh seluruh UMKM maupun pribadi yang ada di Temanggung. Ide dari pembangunan UMKM Center ini adalah dari Bupati Temanggung, ujarnya.

Ir.Sudarwanto Dwiatmoko,M.Sc dalam sambutannya memberikan selamat atas dibangunnya UMKM Center ini yang untuk memfasilitasi pemasaran segala produk daerah dan yang dihasilkan dan Temanggung merupakan Kabupaten Penggerak Koperasi Tingkat Nasional.

Kegiatan ini menjadi semangat bagi Pemimpin Penerus nantinya dan harus terus di tingkatkan, karena Koperasi merupakan pelaku ekonomi yang penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jateng, karena 53 % merupakan partisipasi dari Koperasi. Dan UMKM ini merupakan jawaban dari konsisi sekarang ini dalam Permodalan awal, Pembiayaan yang bersifat subsidi, pengembangan Pembiayaan.

Bagi pelaku ekonomi dan lebih bagus lagi kalau bisa mengembangkan dana-dana komersial yang ada. Disamping permasalahan modal UMKM juga akan mengembangkan pemasaran melalui pembangunan Pasar tradisional dan Hubungan dengan propinsi lain dan Negara lain. Maka Pelaku UMKM harus mengembangkan dan mejaga Kwalitas, Kwantitas dan Kontinuitas dalam memproduksi.**

Ukuran Font  
Bupati Temanggung Drs.H. Hasyim Affandi resmikan kantor UMKM Center di Kledung Rest Area, kemarin. Kantor UMKM yang terletak di desa Kledung, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung itu berada persis dipinggir jalur Wonosobo- Temanggung.
Cetak

No Image Wako Pariaman Mukhlis R Launching Bus Sekolah GratisWalikota Pariaman hari ini, Rabu (17/09/2014) melaunching Bus Sekolah Gratis yang sedianya akan digunakan pelajar di Kota Pariaman sebagai sarana transportasi.

No Image Mukhlis Rahman Raih Penghargaan Ketahanan PanganPeringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 34 tingkat Provinsi Sumatra Barat yang dilaksanakan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan provinsi Sumatra Barat, Kota Pariaman raih prestasi Penghargaan Ketahanan Pangan dari Gubernur Sumatra Barat.

No Image Gubernur Dorong Bangun Embung untuk Atasi Kekeringan di SalatigaAir bersih ini merupakan langkah paling cepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekeringan yang dialami warga Desa Kumpulrejo Kota Salatiga.

No Image Jadilah Pemimpin dan Penggerak PerubahanKepala Inspektorat Provinsi Jawa Tengah Drs Kunto Nugroho HP MSi mengatakan tujuan dari kegiatan ToT tersebut adalah untuk membangun pola pikir, komitmen bersama, jiwa korsa, integritas, manajemen, implementasi kebijakan, dan budaya baru di Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah.

Ads