Rabu, 3 September 2014 | 09.06 WIB
Jateng Time
Ekonomi

Harga Beras di Solo Naik

-  |  Solo | Rabu, 9 Januari 2013 - 11.05 WIB | Dibaca: 382 kali
IMG-7192
ilustrasi.net

HARGA beras di Kota Solo, Jawa Tengah pada musim penghujan ini naik antara Rp.200-Rp.500 per kilogram.

“Kenaikan harga beras yang terjadi karena harga pasokan dari sentra beras juga sudah naik, selain tingginya curah hujan menyebabkan petani kewalahan dalam proses pengeringan gabah,” kata Listyowati, pedagang besar beras di kawasan Pasar Legi, Solo, Rabu (9/1)

Listyowati mengatakan jenis beras kualitas rendah harganya sekitar Rp. 6.700,- per kilogram, sedang untuk C4 kualitas biasa berkisar Rp. 7.000,- hingga Rp. 7.500,- per kilogram, dan untuk jenis C4 kualitas super dan Menthik berkisar Rp. 8.500,- hingga Rp. 9.000,- per kilogram.

“Harga tersebut adalah harga distributor, sedang harga untuk konsumen tentu saja lebih tinggi namun kenaikan harga hampir sama, dalam kisaran Rp 200,- hingga Rp 500,- per kilogram,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ali yang merupakan pedagang beras Pasar Legi, Solo, bahwa kenaikan harga beras sekarang ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor musim yakni musim penghujan.

Ia mengatakan bahwa harga dari distributor memang sudah naik sejak pertengahan Desember 2012 lalu. Kenaikan kembali terjadi sehari jelang Tahun Baru 2013, seiring tingginya curah hujan.

“Sejak curah hujan tinggi, bahkan ditambah lagi di beberapa daerah penghasil beras di sekitar kota Solo terkena musibah banjir, harga beraspun mengalami kenaikan,” kata Ali.** (Ant/hfo)

Ukuran Font  
Kenaikan harga beras yang terjadi karena harga pasokan dari sentra beras juga sudah naik, selain tingginya curah hujan menyebabkan petani kewalahan dalam proses pengeringan gabah
Cetak

No Image Jateng Sabet 3 Piala dalam Parade Tari Nusantara 2014Peserta Parade Tari Nusantara ini berasal dari 33 Provinsi se Indonesia, Jawa Tengah mendapatkan nomor urut penampilan 17 pada pekan Hari kemerdekaan Republik Indonesia di Teater Bhineka Tunggal Ika ( TBTI ) TMII Jakarta.

No Image PKDP Pemersatu Rang Piaman di RantauWakil Walikota Pariaman DR.Genius Umar, S.Sos,M.Si menghadiri undangan Halal Bi Halal warga PKDP Solok yang bertempat di Aula SMKN 1 Kota Solok, Selasa (19/08/2014).

No Image Wagub Jateng: Jangan Berkarya Hanya Untuk Diri SendiriTiga aspek ini harus kita dorong terus menerus agar bisa memaknai kemerdekaan Indonesia dengan benar dan baik.

No Image Bupati Semarang Sidak Uji Fisik Ranmor AngkutanGuna mengetahui dan mencegah kemungkinan praktik pungutan liar (pungli), Bupati Semarang H Mundjirin melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tempat uji fisik (kir).

Ads