Jumat, 27 Maret 2015 | 13.54 WIB
Jateng Time

PT Semen Indonesia (Persero) Miliki Karyawan Berinovasi

Alfian Diemas  |  Surabaya | Minggu, 10 Maret 2013 - 05.26 WIB | Dibaca: 462 kali
IMG-9929

SURABAYA – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan inovasi terhadap karyawan yang bermanfaat dalam menunjang suatu pertumbuhan kinerja.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, berbagai inovasi menjadi salah satu bagian pilar penting bagi industri untuk memenangkan suatu persaingan bisnis yang semakin kompetitif saat ini, termasuk industri semen yang padat modal.

“Secara prisip, dengan berbagai inovasi untuk mampu meningkatkan suatu daya saing perseorangan, kami berkenyakinan bahwa tanpa berusaha melakukan inovasi dari pihak perusahaan sendiri sedang menggali kuburannya sendiri,” ujarnya Dwi, di saat acara “Semen Indonesia Award on Innovation (SIAI)Tahun 2012.

Pada saat ini, Lanjut Dwi, untuk dunia Industri sendiri di hadapan pada dua pilihan, yaitu menjalankan suatu bisnis dengan cara biasa atau melakukan banyak lompatan dan berkembangan dengan berbagai berinovasi. “Semen Indonesia memilih terus melakukan inovasi agar bisa semakin eksis di dunia pasar dan tetap menjadi pemimpin pasar industri semen nasional,”tuturnya.

Kata Dwi, dari sejumlah karya inovasi dari kompetisi SIAI dan telah diterapkan perseorangan agar mampu menghasilkan potensi penghematan biaya hingga RP 639 Miliar selama tahun 2012 lalu. Angka kali ini telah meningkat sebesar RP 100 Miliar jika di bandingkan dengan pencapaian efisiensi pada tahun 2011 dua tahun yang lalu mencapai sekitar RP 539 Miliar.

Ada juga banyak berbagai inovasi yang bisa meningkatkan efisiensi, seperti halnya rekayasa teknologi dalam proses produksi, teknologi penambangan bahan baku, optimalisasi bahan bakar alternatif, sehingga untuk penciptaan Manajemen organisasi yang lebih efektif,”Ungkapnya.

Sejak tahun 2010 yang lalu, dari jumlah karya inovasi dari karyawan yang mengikuti kompetisi SIAI terus mengalami suatu peningkatan dan berbagai karya inovasi suatu pemenang sudah diterapkan oleh perseorangan.

Pada Kompetisi SIAI tahun 2012, Proposal inovasi yang terdaftar mencapai 178 karya atau meningkat sekitar 42 persen bila dibandingkan dengan kompetisi tahun – tahun sebelumnya berjumlah sekitar 125 proposal.

Dari jumlah 178 proposal tersebut, sebanyak 76 proposal berasal dari PT Semen Padang, 65 Proposal PT Semen Indonesia,dan 37 proposal inovasi PT. Semen Tonasa. Karya inovasi menjadi finalis telah dipamerkan pada acara tersebut.

Ada lima kategori inovasi yang telah di lombakan yaitu, bahan baku dan produk, selain itu dari teknologi dan proses produksi tambang – raw Mill, untuk teknologi dan proses produksi yang akan dikembangkan di lingkungan Semen Indonesia.

“Saya sempat melihat karya – karya inovasi yang dipamerkan dan semuanya hebat – hebat, saya pikir untuk budaya inovasi seperti ini yang membuat PT Semen Indonesia menjadi suatu perusahaan paling terdepan di dalam negeri dan nantinya akan di Asia Tenggara,”Tegasnya Dwi.

Ada pula beberapa karya inovasi yang mampu menghasilkan efisiensi,diantaranya, untuk pemanfaatan limbah pabrik sepatu untuk digunakan bahan bakar alternatif, selain batu bara yang harganya mencapai kenaikan dari tahun – ketahun.

Limbah sepatu misalnya memiliki tingkat kategori hingga 5.700 kcal per – kilogram, dengan suatu proses pengolahan sedemikian rupa mampu menimbulkan suatu penghematansubtitusi batubara sebesar RP 16,46 Miliar.

Sementara itu, bersamaan penyerahan suatu penghargaan SIAI 2013 dan juga di lakukan penandatangan adanya kerjasama pembelian dari Perusahaan PT Adiprima Suraprinta,PT. Ispatindo, PT Mega Surya Mas,PT PLI dan Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG).

Dari limbah tersebut ada pula yang digunakan campuran semen maupun bahan bakar pengganti batubara. “Dengan menggunakan limbah akan mengurangi pencemaran lingkungan, limbah pun akan diolah menjadi tidak berbahaya,bahkan bermanfaat juga terjadi penghematan produksi,”Jelasnya Direktur Utama PT Semen Indonesia, Dwi Soetjipto.**

Ukuran Font  
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan inovasi terhadap karyawan yang bermanfaat dalam menunjang suatu pertumbuhan kinerja.
Cetak

No Image Wartawan Temukan Potongan Tangan Korban KebakaranKebakaran yang mengharukan yang di alami keluarga Agung Sumantri warga Desa Botosengon,Kecamatan Dempet,Kabupaten Demak harus kehilangan ke tiga buah hatinya yang masih balita yakni Fadli (10) Shinta (8) dan Juwita (3).

No Image Istri Kapolres Demak Datangi Bekas Rumah Korban KebakaranSetelah memberikan bantuan kepada korban kebakaran, Agung Sumantri yang mengakibatkan korban harus kehilangan tiga anak sekaligus, istri Kapolres Demak dan rombongan berkenan melihat langsung lokasi rumah korban yang kebakaran.

No Image Kapolres Demak Serahkan Bantuan 1 Unit Rumah Sederhana ke Keluarga Korban KebakaranKepedulian jajaran Polres Demak terhadap keluarga korban kebakaran beberapa waktu lalu ditunjukan langsung oleh korp berbaju coklat itu.

No Image Koppas Pd. Sago Berikan Piagam Pada Ali MukhniPengurus Koperasi Pasar Padang Sago, memberikan Piagam Penghargaan kepada Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, sebagai anggota dan Pembina serta atas kepeduliannya di dalam memajukan Koppas Padang Sago, terbukti dengan terdaftar menjadi anggota.

Ads