Senin, 2 Maret 2015 | 12.00 WIB
Jateng Time

Jumlah Kuota DPRD Jawa Timur Tetap 100 Kursi Dan 11 Dapil

Alfian Diemas  |  Surabaya | Jumat, 1 Maret 2013 - 06.11 WIB | Dibaca: 636 kali
IMG-9563
Gedung DPRD Jawa Timur

SURABAYA – Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu. Dari 11 dapil, satu diantaranya akan dikurangi, sementara satu dapil lainnya mendapat tambahan satu kursi, ujar Ketua KPU Jatim, Andre Dewanto, kemarin usai melakukan pertemuan dengan Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Surabaya.

Dapil yang mengalami kekurangan dari 10 menjadi 9 kursi yaitu, Dapil VII meliputi, kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi dan Magetan.Sedangkan dapil X mendapatkan tambahan satu kursi, dari enam kursi menjadi tujuh kursi yaitu Kabupaten Lamongan dan Gresik.

Ditambhakan Andre, perubahan jumlah kursi ini terjadi karena adanya perubahan jumlah penduduk di di dua dapil tersebut. Bahkan, sejumlah Kabupaten/Kota diketahui jumlah penduduknya justru mengalami penurunan seperti Pacitan,dan sekitarnya.

Pengurangan atau penambahan jumlah kursi di dua dapil tersebut kata Andre, tentunya berdasarkan jumlah penduduk di dapil bersangkutan. Berdasarkan jumlah penduduk Jawa Timur sesuai DAK2 2013 yang telah diserahkan oleh Pemerintahsebanyak 37.269.885 Jiwa. Dari Jumlah tersebut akan dibagikan ke 100 kursi Provinsi menjadi Jatah Jawa Timur, sehingga di ketahui bilangan pembagi emilihan daerah (BPPD) sebanyak 372.698 Jiwa Per – Kursi. “Dari Jumlah BPPD itulah Kami bisa menentukan kuota Kursi dimiliki masing – masing dapil sesuai dengan Jumlah Penduduk yang ada,” ujarnya.**

Ukuran Font  
Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu.
Cetak

No Image Ali Mukhni : Wali Nagari Harus Pandai Gali PotensiAcara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wali Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, H. Jamarusti, Senin (23/2/2015) berjalan lancar dan sukses.

No Image Anesa Satria, Bergelar Datuk Asa NagariAnesa Satria, SH, MM, mantan Kabag Humas Pemda Kabupaten Padang Pariaman, kini sedang dipercaya menjabat Sekretaris RSUD Padang Pariaman.

No Image Demak Mulai Diserang Demam BerdarahBerdasarkan hasil rekam medis yang dikeluarkan rumah sakit umum Sunan Kalijaga Demak pasien yang bernama Gitsa Amanda positif terjangkit demam berdarah (DB).

No Image Patroli Binter Kodim 0507/BekasiKodam Jaya selalu berkreasi dalam bertugas, satu diantaranya yang dilaksanakan oleh Kodim 0507/Bekasi yang dipimpin oleh Letkol Inf Yudha Rismansyah dengan mengadakan Patroli Pembinaan Teritorial Kodim kota Bekasi.

Ads