Sabtu, 25 Oktober 2014 | 17.10 WIB
Jateng Time

Jumlah Kuota DPRD Jawa Timur Tetap 100 Kursi Dan 11 Dapil

Alfian Diemas  |  Surabaya | Jumat, 1 Maret 2013 - 06.11 WIB | Dibaca: 562 kali
IMG-9563
Gedung DPRD Jawa Timur

SURABAYA – Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu. Dari 11 dapil, satu diantaranya akan dikurangi, sementara satu dapil lainnya mendapat tambahan satu kursi, ujar Ketua KPU Jatim, Andre Dewanto, kemarin usai melakukan pertemuan dengan Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Surabaya.

Dapil yang mengalami kekurangan dari 10 menjadi 9 kursi yaitu, Dapil VII meliputi, kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi dan Magetan.Sedangkan dapil X mendapatkan tambahan satu kursi, dari enam kursi menjadi tujuh kursi yaitu Kabupaten Lamongan dan Gresik.

Ditambhakan Andre, perubahan jumlah kursi ini terjadi karena adanya perubahan jumlah penduduk di di dua dapil tersebut. Bahkan, sejumlah Kabupaten/Kota diketahui jumlah penduduknya justru mengalami penurunan seperti Pacitan,dan sekitarnya.

Pengurangan atau penambahan jumlah kursi di dua dapil tersebut kata Andre, tentunya berdasarkan jumlah penduduk di dapil bersangkutan. Berdasarkan jumlah penduduk Jawa Timur sesuai DAK2 2013 yang telah diserahkan oleh Pemerintahsebanyak 37.269.885 Jiwa. Dari Jumlah tersebut akan dibagikan ke 100 kursi Provinsi menjadi Jatah Jawa Timur, sehingga di ketahui bilangan pembagi emilihan daerah (BPPD) sebanyak 372.698 Jiwa Per – Kursi. “Dari Jumlah BPPD itulah Kami bisa menentukan kuota Kursi dimiliki masing – masing dapil sesuai dengan Jumlah Penduduk yang ada,” ujarnya.**

Ukuran Font  
Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu.
Cetak

No Image Wakil Walikota Pariaman, Geneus Umar Tanda Tangani MoUWakil Walikota Pariaman Genius Umar, menghadiri Rapat kordinasi Regional Management sekaligus menandatangani MoU pembentukan Badan Kerjasama Regional Management Samudera Lintas Pesisir Wilayah Sumatra Barat di Pangeran Beach Hotel, Kamis (23/10/2014).

No Image Gerah Dengan Ulah Korupsi, KRPK Gelar Demonstrasi di BlitarGerah dengan ulah dugaan korupsi akhirnya warga Blitar, jawa Timur mendatangi kantor Kejaksaan negeri Blitar. para penbdemo menuntut agar pihak Kejaksaan mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang ada di Kota Blitar.

No Image Paket Acara Khusus Budaya Jateng Digelar di TMIIPaket Acara Khusus budaya yang di gelar di Taman Mini Indonesia Indah merupakan kegiatan Promosi Seni Budaya, Pariwisata, Investasi serta segala potensi unggulan dari daerah Kabupaten / Kota.

No Image Walikota Semarang Fokuskan Perbaikan Infrastruktur Wilayah PerbatasanTidak hanya pusat kota saja yang menjadi perhatian Pemkot Semarang, tetapi wilayah-wilayah perbatasan juga harus dilakukan pembenahan terutama dalam hal perbaikan infrastruktur.

Ads