Kamis, 24 Juli 2014 | 22.20 WIB
Jateng Time

Jumlah Kuota DPRD Jawa Timur Tetap 100 Kursi Dan 11 Dapil

Alfian Diemas  |  Surabaya | Jumat, 1 Maret 2013 - 06.11 WIB | Dibaca: 483 kali
IMG-9563
Gedung DPRD Jawa Timur

SURABAYA – Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu. Dari 11 dapil, satu diantaranya akan dikurangi, sementara satu dapil lainnya mendapat tambahan satu kursi, ujar Ketua KPU Jatim, Andre Dewanto, kemarin usai melakukan pertemuan dengan Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Surabaya.

Dapil yang mengalami kekurangan dari 10 menjadi 9 kursi yaitu, Dapil VII meliputi, kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi dan Magetan.Sedangkan dapil X mendapatkan tambahan satu kursi, dari enam kursi menjadi tujuh kursi yaitu Kabupaten Lamongan dan Gresik.

Ditambhakan Andre, perubahan jumlah kursi ini terjadi karena adanya perubahan jumlah penduduk di di dua dapil tersebut. Bahkan, sejumlah Kabupaten/Kota diketahui jumlah penduduknya justru mengalami penurunan seperti Pacitan,dan sekitarnya.

Pengurangan atau penambahan jumlah kursi di dua dapil tersebut kata Andre, tentunya berdasarkan jumlah penduduk di dapil bersangkutan. Berdasarkan jumlah penduduk Jawa Timur sesuai DAK2 2013 yang telah diserahkan oleh Pemerintahsebanyak 37.269.885 Jiwa. Dari Jumlah tersebut akan dibagikan ke 100 kursi Provinsi menjadi Jatah Jawa Timur, sehingga di ketahui bilangan pembagi emilihan daerah (BPPD) sebanyak 372.698 Jiwa Per – Kursi. “Dari Jumlah BPPD itulah Kami bisa menentukan kuota Kursi dimiliki masing – masing dapil sesuai dengan Jumlah Penduduk yang ada,” ujarnya.**

Ukuran Font  
Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu.
Cetak

No Image Kodam Jaya Lakukan Pergeseran PejabatHanya karena limpahan kasih dan karunia-Nya, hari ini kita masih dapat melanjutkan rangkaian kegiatan sertijab para pejabat dengan melaksanakan acara Ramah Tamah, dalam suasana kebersamaan dan penuh kebahagiaan.

No Image Dandim Demak Serahkan Bingkisan Lebaran Untuk Istri Anggota dan PNS KodimDandim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto menyerahkan bantuan bingkisan kepada Istri anggota Kodim 0716/Demak yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana cabang Demak di Aula Makodim 0716/Demak, Kamis (17/07).

No Image Jembatan Comal Pemalang Ambles, Arus lalin DialihkanJembatan Sungai Comal yang menjadi jembatan penting di jalur antura akhirnya benar-benar ditutup total untuk semua jenis kendaraan. Hal tersebut dikarenakan kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati.

No Image Kodam Jaya Berikan Penghargaan Kepada Prajurit BerprestasiTNI akan tetap Konsisten dalam melaksanakan tugas-tugas pertahanan, dalam konteks menjaga dan melindungi segenap bangsa dan Negara.

Ads