Jumat, 19 Desember 2014 | 19.12 WIB
Jateng Time

Jumlah Kuota DPRD Jawa Timur Tetap 100 Kursi Dan 11 Dapil

Alfian Diemas  |  Surabaya | Jumat, 1 Maret 2013 - 06.11 WIB | Dibaca: 594 kali
IMG-9563
Gedung DPRD Jawa Timur

SURABAYA – Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu. Dari 11 dapil, satu diantaranya akan dikurangi, sementara satu dapil lainnya mendapat tambahan satu kursi, ujar Ketua KPU Jatim, Andre Dewanto, kemarin usai melakukan pertemuan dengan Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Surabaya.

Dapil yang mengalami kekurangan dari 10 menjadi 9 kursi yaitu, Dapil VII meliputi, kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi dan Magetan.Sedangkan dapil X mendapatkan tambahan satu kursi, dari enam kursi menjadi tujuh kursi yaitu Kabupaten Lamongan dan Gresik.

Ditambhakan Andre, perubahan jumlah kursi ini terjadi karena adanya perubahan jumlah penduduk di di dua dapil tersebut. Bahkan, sejumlah Kabupaten/Kota diketahui jumlah penduduknya justru mengalami penurunan seperti Pacitan,dan sekitarnya.

Pengurangan atau penambahan jumlah kursi di dua dapil tersebut kata Andre, tentunya berdasarkan jumlah penduduk di dapil bersangkutan. Berdasarkan jumlah penduduk Jawa Timur sesuai DAK2 2013 yang telah diserahkan oleh Pemerintahsebanyak 37.269.885 Jiwa. Dari Jumlah tersebut akan dibagikan ke 100 kursi Provinsi menjadi Jatah Jawa Timur, sehingga di ketahui bilangan pembagi emilihan daerah (BPPD) sebanyak 372.698 Jiwa Per – Kursi. “Dari Jumlah BPPD itulah Kami bisa menentukan kuota Kursi dimiliki masing – masing dapil sesuai dengan Jumlah Penduduk yang ada,” ujarnya.**

Ukuran Font  
Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu.
Cetak

No Image Upah Tak Layak, Buruh PDP Gelar Unjuk RasaAksi ratusan buruh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kabupaten Jember, Jawa Timur, berunjuk rasa menuntut pemenuhan janji yang telah disepakati dengan direksi.

No Image Aneh Aja, Divonis 5,6 Tahun Penjara,Rahmat Yasin Diberhentikan TerhormatSesuai SK Mendagri Cahyo Kumolo dengan Nomor 131.32.4652 tahun 2014 tanggal 25 November 2014, memutuskan pemberhentian dengan hormat terpidana korupsi Rahmat Yasin (RY).

No Image Rini Soemarno Tetap Kukuh Jual Aset BUMNRencana Menteri BUMN Rini Soemarno menjual gedung kementerian BUMN mendapat banyak sorotan tajam. Namun demikian, mantan menteri perdagangan dan perindustrian di era Presiden Megawati Soekarnoputri itu tetap kukuh.

No Image Ketua LSM Caredek Drs. Akhiardi Sangat Menyayangkan Pengkotak-Kotakan Wartawan di Pemko PariamanKetua LSM Caredek, Drs. Akhiardi, yang dihubungi Kamis (18/12/14), terkait dengan membawa sebagaian wartawan yag meliput kegiatan Pemko Pariaman, kongko-kongko, ke luar daerah dengan memakai dana APBD Pemko Pariaman.

Ads