Kamis, 18 September 2014 | 18.37 WIB
Jateng Time

Jumlah Kuota DPRD Jawa Timur Tetap 100 Kursi Dan 11 Dapil

Alfian Diemas  |  Surabaya | Jumat, 1 Maret 2013 - 06.11 WIB | Dibaca: 532 kali
IMG-9563
Gedung DPRD Jawa Timur

SURABAYA – Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu. Dari 11 dapil, satu diantaranya akan dikurangi, sementara satu dapil lainnya mendapat tambahan satu kursi, ujar Ketua KPU Jatim, Andre Dewanto, kemarin usai melakukan pertemuan dengan Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Surabaya.

Dapil yang mengalami kekurangan dari 10 menjadi 9 kursi yaitu, Dapil VII meliputi, kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi dan Magetan.Sedangkan dapil X mendapatkan tambahan satu kursi, dari enam kursi menjadi tujuh kursi yaitu Kabupaten Lamongan dan Gresik.

Ditambhakan Andre, perubahan jumlah kursi ini terjadi karena adanya perubahan jumlah penduduk di di dua dapil tersebut. Bahkan, sejumlah Kabupaten/Kota diketahui jumlah penduduknya justru mengalami penurunan seperti Pacitan,dan sekitarnya.

Pengurangan atau penambahan jumlah kursi di dua dapil tersebut kata Andre, tentunya berdasarkan jumlah penduduk di dapil bersangkutan. Berdasarkan jumlah penduduk Jawa Timur sesuai DAK2 2013 yang telah diserahkan oleh Pemerintahsebanyak 37.269.885 Jiwa. Dari Jumlah tersebut akan dibagikan ke 100 kursi Provinsi menjadi Jatah Jawa Timur, sehingga di ketahui bilangan pembagi emilihan daerah (BPPD) sebanyak 372.698 Jiwa Per – Kursi. “Dari Jumlah BPPD itulah Kami bisa menentukan kuota Kursi dimiliki masing – masing dapil sesuai dengan Jumlah Penduduk yang ada,” ujarnya.**

Ukuran Font  
Pemilu Legislative tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 100 kursi di DPRD Jatim dan 11 daerah pemilihan (Dapil). Penetapan ini sama dengan pileg tahun 2009 lalu.
Cetak

No Image Terbilang Buruk Di Masyarakat, Sat Pol PP Perlu NegosiatorSEMARANG – Citra Satuan Pamong Praja (Satpol PP) masih terbilang buruk di masyarakat. Salah satunya diidentikkan dengan kekerasan saat melakukan penggusuran pedagang kaki lima (PKL). Imej itu harus dihapus melalui pendekatan humanis kepada warga. “Pendekatan yang lebih manusiawi ini penting. Ilmu itu perlu kita miliki, terutama teman-teman yang bertugas di Satpol PP. Nah kalau sudah dimiliki, [...]

No Image Jalur Evakuasi Pengungsi Gunung Slamet Segera DiperbaikiBupati Brebes beserta SKPD terkait,kesiapsiagaan erupsi gunung Slamet bersama Kalahar BPBD Provinsi Jawa Tengah di Posko Dawuhan, Kecamatan Sirampog, baru-baru ini.

No Image Mukhlis R Lepas Calon Jemaah Haji Kota PariamanWalikota Pariaman H. Mukhlis Rahman melepas secara resmi rombongan Jemaah Haji Kota Pariaman Tahun 1435H/2014 M di halaman balaikota Pariaman (11/9/2014.

No Image Pariaman Raih Prestasi Tingkat Nasional Bidang TransportasiKota Pariaman kembali torehkan namanya ditingkat nasional bidang tranportasi dengan meraih penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2014 kategori lalu lintas.

Ads