Senin, 30 Maret 2015 | 17.37 WIB
Jateng Time

Imigrasi Pemalang : Permohonan Paspor RI Bisa Via Online

Bambang Purwanto  |  Pemalang | Jumat, 16 Agustus 2013 - 07.27 WIB | Dibaca: 407 kali
IMG-14311

PEMALANG, JATENG TIME – Sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik keimigrasian, sesuai Undan Undang Nomor 25 Tahun 2009, khususnya warganegara Indonesia dalam permohonan Paspor RI, bahwa sejak tahun 2011 pada dasarnya telah disediakan fasilitas Permohonan Paspor RI secara online (internet).

Pendaftaran Paspor online menjadi sangat mudah, karena setiap alur pengisiannya mendapatkan panduan sistem secara jelas. Cukup mengakses permohonan Paspor RI online di www.imigrasi.go.id atau ke http://pemalang.imigrasi.go.id.

“Semua persyaratan yang ada untuk fotokopinya diunggah (up load) dalam sistem ini, dan pemohon diberikan kesempatan secara bebas memilih kantor imigrasi mana untuk diajukan serta merencanakan waktu kedatangannya di Kantor Imigrasi tempat tujuan memohon secara mandiri disesuaikan dengan waktunya dalam waktu hari kerja Kantor Imigrasi, untuk melakukan pembayaran PNBP Paspor RI, pengambilan foto dan sidik jari biometrik serta proses interview,” papar Ismoyo, Kepala Kantor Imigrasi Pemalang, baru baru ini.

Masyarakat tidak perlu lagi harus mengantri saat mengajukan permohonan Paspor RI, karena bisa dilakukan di rumah, kantor, tempat bekerja dan lainnya sepanjang mempunyai fasilitas internet, serta bersifat 24 jam.

Bahkan apabila belum memiliki fasilitas internet tersebut dapat juga ke Warung Internet (Warnet) terdekat untuk pengajuan Paspor RI.

“Kami sangat mendorong agar masyarakat dapat menggunakan fasilitas permohonan Paspor RI yang ada ini, khususnya Paspor online. Dan berharap untuk permohonan Paspor RI bagi Jemaah Haji yang dikolektifkan oleh Kantor Kementerian Agama dapat dilaksanakan melalui Paspor online ini guna kemudahan dan mempercepat tahapan penyelesaian proses permohonan Paspor RI,” tambah Ismoyo.

Terakhir dalam publikasi keimigrasian, diperkenalkan pula transparansi dan keterbukaan informasi publik sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 yang telah dirintis Kantor Imigrasi Pemalang melalui SMS Gateway di nomor 08112622121 khususnya terkait permohonan Paspor RI, yaitu pemohon dapat mengecek sejauhmana proses permohonan paspor dengan cara ketik PASPOR , cek persyaratan dengan cara ketik PASPOR SYARAT, cek waktu pelayanan, waktu penyelesaian dengan ketik PASPOR WAKTU, serta saran/kritik dengan cara SARAN .**

Ukuran Font  
Pendaftaran Paspor online menjadi sangat mudah, karena setiap alur pengisiannya mendapatkan panduan sistem secara jelas.
Cetak

No Image Kapolres Demak Serahkan Kunci Rumah Korban KeebakaranBantuan ini tidak seberapa dan jauh dari cukup untuk kebutuhan korban, namun kami tetap peduli akan nasib yang dialami korban.

No Image Beri Rasa Aman, Polres Lakukan Razia RutinTempat razia ini kami usahakan selalu berpindah tempat, serta serentak di sejumlah wilayah polsek di Demak dengan waktu dan tempat yang berbeda.

No Image Wartawan Temukan Potongan Tangan Korban KebakaranKebakaran yang mengharukan yang di alami keluarga Agung Sumantri warga Desa Botosengon,Kecamatan Dempet,Kabupaten Demak harus kehilangan ke tiga buah hatinya yang masih balita yakni Fadli (10) Shinta (8) dan Juwita (3).

No Image Istri Kapolres Demak Datangi Bekas Rumah Korban KebakaranSetelah memberikan bantuan kepada korban kebakaran, Agung Sumantri yang mengakibatkan korban harus kehilangan tiga anak sekaligus, istri Kapolres Demak dan rombongan berkenan melihat langsung lokasi rumah korban yang kebakaran.

Ads