Senin, 24 November 2014 | 08.00 WIB
Jateng Time
Interaksi

Nilai-Nilai Pancasila Merupakan Watak dan Ciri Masyarakat Serta Bangsa Indonesia

Slamet Nugroho  |  Pekalongan | Rabu, 12 Juni 2013 - 08.13 WIB | Dibaca: 591 kali
IMG-12703

BUPATI Pekalongan H. Amat Antono menegaskan bahwa nilai-nilai Pancasila merupakan tatanan tentang kehidupan yang dianggap baik memberi corak, watak dan ciri masyarakat dan bangsa Indonesia yang membedakan dengan masyarakat atau bangsa lain. Hal tersebut diutarakannya saat membuka kegiatan Fasilitasi Pemasyarakatan dan Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila bagi Elemen Masyarakat di Kabupaten Pekalongan, di aula lantai 1 Setda, kemarin.

Dijelaskannya, pemasyarakatan dan revitaslisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa merupakan hal yang fundamental. Karena nilai-nilai Pancasila merupakan roh dan jatidiri bangsa Indonesia. Untuk itulah pemasyarakatan dan revitalisasi nilai-nilai Pancasila bagi elemen masyarakat di Kabupaten Pekalongan mutlak perlu ditanamkan.

“Saya memandang masyarakat Kabupaten Pekalongan telah mensikapi dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terbukti kehidupan masyarakat Kabupaten Pekalongan yang religius, tepo seliro, demokratis, toleransi, penuh kebersamaan kegotong-royongan dalam memecahkan permasalahan yang ada, jauh dari tindakan anarkis, Sehingga situasi dan kondisi stabil dan aman,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pekalongan, Drs. Achmad Muchlisin mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan bertujuan untuk memantapkan pemahaman dan pengamalan Pancasila sebagai filosofi dasar negara, ideologi negara, guna mencapai cita-cita dan tujuan nasional.

Selain itu, kata Muchlisin, tujuan kegiatan untuk memantapkan wawasan kebangsaan bagi semua komponen/elemen masyarakat, guna melestarikan rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan, serta membangun kesadaran berbangsa dan bernegara. Dan
membangun serta memelihara kondusifitas daerah yang sehat, dinamis, demokratis, adil, maju dan sejahtera.

Peserta yang mengikuti kegiatan fasilitasi, tutur Muchlisin, berjumlah 100 orang, terdiri dari tim penggerak PKK Kecamatan sebanyak 19 orang, tokoh masyarakat 16 orang, mahasiswa 16 orang, ormas keagamaan dan kepercayaan 24 orang, kelompok profesi
8 orang, serta LSM 6 orang.*

Editor : HFO

Ukuran Font  
Pemasyarakatan dan revitaslisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa merupakan hal yang fundamental. Karena nilai-nilai Pancasila merupakan roh dan jatidiri bangsa Indonesia
Cetak

No Image Ali Mukhni Ajak Masyarakat Saksikan Sepak Bola HPNLaga final sepakbola Hari Pers Nasional (HPN) Sumbar yang mempertemukan tuan rumah Padang Pariaman Plus (PWI Padang Pariaman dan Padang) melawan tim PWI Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya (SSD) yang sejatinya digelar Sabtu (22/11) ini terpaksa ditunda pada hari yang sama pekan depan (29/11).

No Image Kantor Pelayanan Perizinan Mengurus 126 Jenis IzinKantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (KP2TPM) Kota Pariaman semula hanya mengurus 8 jenis perizinan. ejak tahun 2014 dilimpahkan sebanyak 126 jenis perizinan.

No Image Mukhlis Rahman : Didikan Subuh Bentuk Pendidikan KeagamaanSebanyak 970 santriwan/santriwati utusan dari 97 MDA se Kota Pariaman dan 465 guru dan pengelola MDA,penuhi halaman Balaikota Pariaman pada acara Apel akbar Didikan Subuh se Kota Pariaman Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Minggu (16/11/2014).

No Image Mukhlis Rahman Sosialisasikan SIP Berbasis GeospasialPemko Pariaman secara berkelanjutan terus berusaha membenahi sistem informasi termasuk data tentang kondisi dan aspek tata ruang Kota Pariaman yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu sehingga dapat diakses oleh setiap orang yang membutuhkan informasi tentang Kota Pariaman.

Ads