Kamis, 24 April 2014 | 05.05 WIB
Jateng Time
Interaksi

Pengamat Sambut Baik Wacana Pemilukada Oleh Dewan

Herry Febriyanto  |  Kota Sukabumi | Jumat, 10 Mei 2013 - 07.56 WIB | Dibaca: 139 kali
IMG-11555
Pengamat Pemerintahan Munandi saleh

PENGAMAT Pemerintahan Munandi Saleh, menyambut baik langkah Kementerian Dalam negeri yang mengusulkan kepada DPR RI, agar pemilihan kepala daerah yaitu Bupati dan Walikota dilakukan langsung oleh DPRD. Pasalnya proses Pemilukada langsung saat ini banyak menimbulkan terjadinya konflik horizontal dan vertikal, sehingga membuat masyarakat terpecah karena kepentingan politik.

“Pemilihan kepala daerah melalui DPRD juga akan menghemat anggaran pemerintah daerah, karena yang terjadi saat ini anggaran untuk pemilukada yang disediakan pemda sangat tinggi,” ujar Dosen STISIP Syamsul Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi tersebut, kemarin.

Menurutnya, proses pemilihan umum baik presiden, gubernur ataupun walikota/bupati yang dilakukan saat ini sudah tidak sesuai dengan sila ke empat Pancasila yaitu “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan”. Karena sila ke empat Pancasila tersebut mengandung makna, bahwa negara kita menggunakan azas gotong royong dan musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Pertanyaan yang timbul saat ini, apakah pemimpin negara maupun kepala daerah sudah benar-benar terpilih melalui jalur musyawarah dan mewakili aspirasi masyarakat,” tandasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, contoh yang terjadi saat ini akibat proses pemilihan umum secara langsung yaitu tidak berfungsinya sama sekali peran Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia.

Padahal wakil-wakil rakyat yang duduk di MPR saat ini lebih mengetahui kualitas dan kemampuan seorang calon pemimpin bangsa untuk menduduki kursi orang nomor satu di republik ini. “Jadi percuma jika ada MPR namun sudah tidak bisa menjalankan perannya seperti dulu,” tegasnya. *

Editor : HFO

Ukuran Font  
Pemilihan kepala daerah melalui DPRD juga akan menghemat anggaran pemerintah daerah, karena yang terjadi saat ini anggaran untuk pemilukada yang disediakan pemda sangat tinggi.
Cetak

No Image Pembuatan Sim Kolektif Prajurit Yonarhanudse-10Untuk menegakkan disiplin dalam berlalu Lintas Satuan Yonarhanudse-10/1/Falatehan Kodam Jaya mengadakan koordinasi dengan Pihak Satpas Polda Metro Jayauntuk membuat SIM secara Kolektif

No Image Alami Gangguan Jiwa, Agus Nekat Gantung DiriAgus Sugianto (30) ditemukan tewas gantung diri di kamar rumahnya, dukuh Kedokanjati RT 07 RW 01, desa Serang, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang.

No Image Pembekalan Tipping Point Leadership Oleh Danrem 051/WKTKomandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, memberikan pembekalan kepada Para Dandim, Para Kasi,Para Perwira Staf Korem 051/Wkt, Bertempat ruang data Lt 2 Makrem 051/Wkt

No Image Besok, Tim PGRI Kab Cirebon Bertolak Ke Malang Serahkan Bantuan Korban Gunung KeludKorban erupsi gunung Kelud yang terjadi beberapa waktu lalu ternyata mengugah rasa keprihatinan berbagai pihak tak terkecuali Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Ads