Kamis, 24 Juli 2014 | 19.19 WIB
Jateng Time

Tolak PP 109/2012, Ratusan Petani Tembakau di Temanggung Demo

Temanggung | Selasa, 15 Januari 2013 - 15.28 WIB | Dibaca: 433 kali
IMG-7560
Ilustrasi | Petani tembakau Temanggung kembali melakukan unjuk rasa menolak PP 109/2012.

TEMANGGUNG – Petani tembakau Kabupaten Temanggung kembali melakukan unjuk rasa menolak Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif pada Tembakau bagi Kesehatan.

Unjuk rasa penolakan terhadap PP No 109/2012 tersebut dilakukan ratusan warga Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung di depan balai Desa Wonosari, Selasa (15/1/13).

Sebelumnya aksi yang sama juga dilakukan para petani tembakau di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Temanggung.

Unjuk rasa yang berlangsung di tengah hujan deras tersebut, para petani juga melakukan aksi teaterikal dengan menampilkan kesenian tradisional kuda lumping. Para pemain mengenakan jas dan dasi serta menggunakan semacam gunungan berbentuk daun tembakau.

“Aksi teaterikal tersebut juga sebagai ungkapan kekecewaan para petani tembakau yang akan hilang mata pencahariannya, bila PP 109/2012 tetap diberlakukan,” kata Kepala Desa Wonosari, Agus Parmuji.

Ungkapan kekecewaan para petani juga dilampiaskan dengan membakar ban bekas dan alat perajang tembakau di tengah jalan.

Para petani juga mengancam akan memboikot pelaksanaan pilkada 2013, pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden 2014 mendatang. Selain itu, mereka tidak akan membayar pajak.

“Masyarakat Desa Wonosari tidak akan menggunakan hak suaranya pada pilkada, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden jika PP 109 tahun 2012 tidak dicabut oleh pemerintah,” kata Agus Parmuji.

Agus meminta para petani tembakau setempat tetap menanam tembakau, meskipun dalam PP tersebut para petani diimbau untuk melakukan diversifikasi produk tembakau.

Ukuran Font  
Petani tembakau Kabupaten Temanggung kembali melakukan unjuk rasa menolak Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif pada Tembakau bagi Kesehatan.
Cetak

No Image Kodam Jaya Lakukan Pergeseran PejabatHanya karena limpahan kasih dan karunia-Nya, hari ini kita masih dapat melanjutkan rangkaian kegiatan sertijab para pejabat dengan melaksanakan acara Ramah Tamah, dalam suasana kebersamaan dan penuh kebahagiaan.

No Image Dandim Demak Serahkan Bingkisan Lebaran Untuk Istri Anggota dan PNS KodimDandim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto menyerahkan bantuan bingkisan kepada Istri anggota Kodim 0716/Demak yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana cabang Demak di Aula Makodim 0716/Demak, Kamis (17/07).

No Image Jembatan Comal Pemalang Ambles, Arus lalin DialihkanJembatan Sungai Comal yang menjadi jembatan penting di jalur antura akhirnya benar-benar ditutup total untuk semua jenis kendaraan. Hal tersebut dikarenakan kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati.

No Image Kodam Jaya Berikan Penghargaan Kepada Prajurit BerprestasiTNI akan tetap Konsisten dalam melaksanakan tugas-tugas pertahanan, dalam konteks menjaga dan melindungi segenap bangsa dan Negara.

Ads