Minggu, 24 Agustus 2014 | 00.18 WIB
Jateng Time

Tolak PP 109/2012, Ratusan Petani Tembakau di Temanggung Demo

Temanggung | Selasa, 15 Januari 2013 - 15.28 WIB | Dibaca: 452 kali
IMG-7560
Ilustrasi | Petani tembakau Temanggung kembali melakukan unjuk rasa menolak PP 109/2012.

TEMANGGUNG – Petani tembakau Kabupaten Temanggung kembali melakukan unjuk rasa menolak Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif pada Tembakau bagi Kesehatan.

Unjuk rasa penolakan terhadap PP No 109/2012 tersebut dilakukan ratusan warga Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung di depan balai Desa Wonosari, Selasa (15/1/13).

Sebelumnya aksi yang sama juga dilakukan para petani tembakau di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Temanggung.

Unjuk rasa yang berlangsung di tengah hujan deras tersebut, para petani juga melakukan aksi teaterikal dengan menampilkan kesenian tradisional kuda lumping. Para pemain mengenakan jas dan dasi serta menggunakan semacam gunungan berbentuk daun tembakau.

“Aksi teaterikal tersebut juga sebagai ungkapan kekecewaan para petani tembakau yang akan hilang mata pencahariannya, bila PP 109/2012 tetap diberlakukan,” kata Kepala Desa Wonosari, Agus Parmuji.

Ungkapan kekecewaan para petani juga dilampiaskan dengan membakar ban bekas dan alat perajang tembakau di tengah jalan.

Para petani juga mengancam akan memboikot pelaksanaan pilkada 2013, pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden 2014 mendatang. Selain itu, mereka tidak akan membayar pajak.

“Masyarakat Desa Wonosari tidak akan menggunakan hak suaranya pada pilkada, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden jika PP 109 tahun 2012 tidak dicabut oleh pemerintah,” kata Agus Parmuji.

Agus meminta para petani tembakau setempat tetap menanam tembakau, meskipun dalam PP tersebut para petani diimbau untuk melakukan diversifikasi produk tembakau.

Ukuran Font  
Petani tembakau Kabupaten Temanggung kembali melakukan unjuk rasa menolak Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif pada Tembakau bagi Kesehatan.
Cetak

No Image PKDP Pemersatu Rang Piaman di RantauWakil Walikota Pariaman DR.Genius Umar, S.Sos,M.Si menghadiri undangan Halal Bi Halal warga PKDP Solok yang bertempat di Aula SMKN 1 Kota Solok, Selasa (19/08/2014).

No Image Wagub Jateng: Jangan Berkarya Hanya Untuk Diri SendiriTiga aspek ini harus kita dorong terus menerus agar bisa memaknai kemerdekaan Indonesia dengan benar dan baik.

No Image Bupati Semarang Sidak Uji Fisik Ranmor AngkutanGuna mengetahui dan mencegah kemungkinan praktik pungutan liar (pungli), Bupati Semarang H Mundjirin melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tempat uji fisik (kir).

No Image Kodam Jaya Gelar Upacara Peringatan HUT kemerdekaan RI ke 69Upacara ini, juga sebagai bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pahlawan, pejuang dan pendiri Republik Indonesia yang telah memberikan segalanya bagi nusa dan bangsa “.

Ads