Minggu, 28 Desember 2014 | 21.26 WIB
Jateng Time

Nyadran Sapar Sebagai Tradisi Turun Temurun

Budi Santosa  |  temanggung | Minggu, 8 Desember 2013 - 21.53 WIB | Dibaca: 428 kali
IMG-16666

Temanggung, JT – Baru-baru ini,ratusan warga baik laki-laki maupun perempuan dari desa Ngropoh kecamatan Kranggan kabupaten Temanggung, melaksanakan ritual Nyadran Sapar.

Warga baik laki-laki, perempuan maupun anak-anak, berduyun-duyun datang dengan menyunggi tenongan ke lokasi pemakaman, tempat dimana sesepuh desa yang bernama Ki Demang Donorojo dimakamkan. juga ikut memeriahkan acara ini. Tak ketinggalan, kaum duafa juga ikut hadir mengharapkan berkah di lokasi.

Ritual Nyadran Sapar atau Samparbanyu di desa ini sudah berlangsung turun temurun sejak zaman nenek moyang. Kegiatan digelar setahun sekali, tepat pada Jumat Wage, Bulan Sapar. Perayaan dilakukan dalam beberapa hari dengan penuntup berupa pertunjukkan wayang kulit.

terlihat hadir dalam acara itu, Camat setempat, Danramil, dan Denty Eka Widi Pratiwi yang notabene Anggota DPDRI perwakilan provinsi Jawa Tengah dan Calon Anggota DPDRI perwakilan provinsi Jawa Tengah periode 2014-2019.

Dalam kesempatan ini, Denty memberikan sambutan bahwa tradisi ini merupakan salah satu bentuk nguri-uri budaya Jawa yang juga merupakan pengamalan dari nilai-nilai Pancasila.

“Inti dari ritual Nyadran Sapar ini adalah untuk memohon keselamatan dari segala marabahaya, dan meminta petunjuk Allah agar warga senantiasa mendapatkan keselamatan dan limpahan rejeki dari Allah SWT,” sambut Denty.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa, dilanjutkan dengan pembagian tenongan kepada kaum duafa.**

Ukuran Font  
Baru-baru ini,ratusan warga baik laki-laki maupun perempuan dari desa Ngropoh kecamatan Kranggan kabupaten Temanggung, melaksanakan ritual Nyadran Sapar
Cetak

Pesawat AirAsia Tujuan Singapura Hilang Kontak Pesawat AirAsia Tujuan Singapura Hilang KontakPesawat AirAsia dari Bandara Juanda Surabaya ke Singapora nomor penerbangan AWQ 8501 hilang kontak. Pesawat yang membawa penumpang 130 orang dewasa, 24 anak dan 1 bayi, berangkat pukul 05.20 WIB, Minggu (28/12/2014).

No Image Upah Tak Layak, Buruh PDP Gelar Unjuk RasaAksi ratusan buruh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kabupaten Jember, Jawa Timur, berunjuk rasa menuntut pemenuhan janji yang telah disepakati dengan direksi.

No Image Aneh Aja, Divonis 5,6 Tahun Penjara,Rahmat Yasin Diberhentikan TerhormatSesuai SK Mendagri Cahyo Kumolo dengan Nomor 131.32.4652 tahun 2014 tanggal 25 November 2014, memutuskan pemberhentian dengan hormat terpidana korupsi Rahmat Yasin (RY).

No Image Rini Soemarno Tetap Kukuh Jual Aset BUMNRencana Menteri BUMN Rini Soemarno menjual gedung kementerian BUMN mendapat banyak sorotan tajam. Namun demikian, mantan menteri perdagangan dan perindustrian di era Presiden Megawati Soekarnoputri itu tetap kukuh.

Ads