Jumat, 31 Oktober 2014 | 17.31 WIB
Jateng Time

Nyadran Sapar Sebagai Tradisi Turun Temurun

Budi Santosa  |  temanggung | Minggu, 8 Desember 2013 - 21.53 WIB | Dibaca: 358 kali
IMG-16666

Temanggung, JT – Baru-baru ini,ratusan warga baik laki-laki maupun perempuan dari desa Ngropoh kecamatan Kranggan kabupaten Temanggung, melaksanakan ritual Nyadran Sapar.

Warga baik laki-laki, perempuan maupun anak-anak, berduyun-duyun datang dengan menyunggi tenongan ke lokasi pemakaman, tempat dimana sesepuh desa yang bernama Ki Demang Donorojo dimakamkan. juga ikut memeriahkan acara ini. Tak ketinggalan, kaum duafa juga ikut hadir mengharapkan berkah di lokasi.

Ritual Nyadran Sapar atau Samparbanyu di desa ini sudah berlangsung turun temurun sejak zaman nenek moyang. Kegiatan digelar setahun sekali, tepat pada Jumat Wage, Bulan Sapar. Perayaan dilakukan dalam beberapa hari dengan penuntup berupa pertunjukkan wayang kulit.

terlihat hadir dalam acara itu, Camat setempat, Danramil, dan Denty Eka Widi Pratiwi yang notabene Anggota DPDRI perwakilan provinsi Jawa Tengah dan Calon Anggota DPDRI perwakilan provinsi Jawa Tengah periode 2014-2019.

Dalam kesempatan ini, Denty memberikan sambutan bahwa tradisi ini merupakan salah satu bentuk nguri-uri budaya Jawa yang juga merupakan pengamalan dari nilai-nilai Pancasila.

“Inti dari ritual Nyadran Sapar ini adalah untuk memohon keselamatan dari segala marabahaya, dan meminta petunjuk Allah agar warga senantiasa mendapatkan keselamatan dan limpahan rejeki dari Allah SWT,” sambut Denty.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa, dilanjutkan dengan pembagian tenongan kepada kaum duafa.**

Ukuran Font  
Baru-baru ini,ratusan warga baik laki-laki maupun perempuan dari desa Ngropoh kecamatan Kranggan kabupaten Temanggung, melaksanakan ritual Nyadran Sapar
Cetak

No Image Pariaman Siap Eksportir Ikan KurapuPotensi wilayah perairan Kota Pariaman dengan air laut yang jernih, dan kekayaan terumbu karang masih yang alami, sangat dimungkinkan untuk dikembangkan menjadi kawasan budidaya perikanan laut.

No Image Menjegal Aborsi, Menyelamatkan GenerasiDi akhir masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia, Soesilo Bambang Yudhoyono menandatangani PP Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Reproduksi.

No Image Kios di Pasar Bintoro Demak Ludes TerbakarKebakaran terjadi di Pasar Bintoro Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (30/10/2014) malam. Diperoleh ketarangan dari saksi mata, kebakaran yang menghanguskan satu kios tersebut terjadi sekitar pukul 20.30 WIB.

No Image Ruas Jalan Pasar Muara Delang, Merangin, Jambi Memprihatinkan!Sejumlah ruas jalan yang berada di wilayah itu kini kondisinya sangat memprihatinkan akibat sering dilalui truk pembawa buah sawitoleh anak perusahaan khusus PT. Astra Agro Lestari yaitu PT SAL-1.

Ads