Jumat, 19 September 2014 | 18.49 WIB
Jateng Time

Pemkot Pekalongan Lelang dan Sewa garap Asset Daerah

Annas.M  |  Pekalongan | Senin, 29 April 2013 - 07.30 WIB | Dibaca: 320 kali
IMG-11320

PEKALONGAN, JATENG TIME – Seperti biasanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah menggelar lelang dan sewa garap tanah eks bengkok yang sudah menjadi aset daerah, baru-baru ini. Untuk tahun ini axcara lelang dilakukan di empat daerah kecamatan wilayah Selatan,Utara,Timur dan Barat se kota Pekalongan.

Hadir pada acara lelang dan sewa garap itu dihadiri oleh Kabag Tata Pemerintahan,DPPKAD,Camat,Lurah dan warga petani peserta lelang dari masyarakat setempat.Keberadaan tanah eks bengkok itu sendiri berasal dari masa transisi pengembangan dan pemekaran status fungsi wilayah dari desa menjadi kelurahan.

Lelang tanah ini di selenggarakan rutin setiap setahun sekali dengan tujuan sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Sendiri (PADS) pemkot Pekalongan masuk menjadi RAPBD,yang selanjutnya akan di salurkan kembali kepada masyarakat melalui dana aklerasi pembangunan di tiap-tiap kelurahan masing-masing.

Dalam sambutan yang di gelar di kecamatan Pekalongan Selatan,Drs.M.Natsir selaku Camat setempat memaparkan akan arti penting adanya acara lelang tanah eks bengkok tersebut semata-mata juga untuk mensupport pembangunan di kelurahan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat umumnya dan para petani setempat pada khususnya.Untuk itu,dia juga mengharapkan agar warga bisa mempertahankan tanah eks bengkok yang ada dan tidak boleh di alih fungsikan kecuali hanya untuk pertanian.”Hal yang sangat baik aset pemkot yang berupa tanah eks bengkok bisa di kelola oleh masyarakat petani sendiri,dan akan mendatangkan kesejahteraan juga buat petani sendiri.” jelasnya.

Pada kesempatan lain saat di konfirmasi Bambang Saptono,SE.MM selaku Kasubag Tata Pemerintahan mengatakan,”Agenda ini sangat membantu sekali untuk kesinambungan antara pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,hal ini mengacu kepada Permendagri no.17 tahun 2002 yang pengelolaannya berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat sendiri.”

Senada dengan itu,Kabid Aset Daerah pemkot Sriyana.S.Sos.Msi mengatakan.”Lelang tanah eks bengkok ini,bertujuan memaksimalkan pemanfaatan aset daerah,yang berasal dan akan dikelola serta di salurkan kepada masyarakat sendiri.”

Pemanfaat aset daerah ini siudah berjalan rutin pertahunnya dan dasilnyapun juga sudah banyak di rasakan oleh masyarakat sendiri,pada kesempatan tahun 2013 ini sendiri yang dudah terealisasikann pelelaangan berkisar kurang lebih 110 Ha dengan menghasilkan dana kurang lebihnya Rp.600 juta,yang selanjutnya akan dialokasikan ke APBD dari PADS pemkot.**

Ukuran Font  
Seperti biasanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah menggelar lelang dan sewa garap tanah eks bengkok yang sudah menjadi aset daerah, baru-baru ini. Untuk tahun ini axcara lelang dilakukan di empat daerah kecamatan wilayah Selatan,Utara,Timur dan Barat se kota Pekalongan.
Cetak

No Image Gubernur Dorong Bangun Embung untuk Atasi Kekeringan di SalatigaAir bersih ini merupakan langkah paling cepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekeringan yang dialami warga Desa Kumpulrejo Kota Salatiga.

No Image Jadilah Pemimpin dan Penggerak PerubahanKepala Inspektorat Provinsi Jawa Tengah Drs Kunto Nugroho HP MSi mengatakan tujuan dari kegiatan ToT tersebut adalah untuk membangun pola pikir, komitmen bersama, jiwa korsa, integritas, manajemen, implementasi kebijakan, dan budaya baru di Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah.

No Image Kepribadian Berbudaya Dapat Dukung EkonomiMewujudkan kemandirian ekonomi dapat dibangun melalui kepribadian bangsa dalam berbudaya, karena banyak budaya masyarakat yang muaranya terkait pada bidang ekonomi.

No Image Terbilang Buruk Di Masyarakat, Sat Pol PP Perlu NegosiatorSEMARANG РCitra Satuan Pamong Praja (Satpol PP) masih terbilang buruk di masyarakat. Salah satunya diidentikkan dengan kekerasan saat melakukan penggusuran pedagang kaki lima (PKL). Imej itu harus dihapus melalui pendekatan humanis kepada warga. “Pendekatan yang lebih manusiawi ini penting. Ilmu itu perlu kita miliki, terutama teman-teman yang bertugas di Satpol PP. Nah kalau sudah dimiliki, [...]

Ads