Kamis, 18 Desember 2014 | 17.28 WIB
Jateng Time

Pemkot Pekalongan Lelang dan Sewa garap Asset Daerah

Annas.M  |  Pekalongan | Senin, 29 April 2013 - 07.30 WIB | Dibaca: 368 kali
IMG-11320

PEKALONGAN, JATENG TIME – Seperti biasanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah menggelar lelang dan sewa garap tanah eks bengkok yang sudah menjadi aset daerah, baru-baru ini. Untuk tahun ini axcara lelang dilakukan di empat daerah kecamatan wilayah Selatan,Utara,Timur dan Barat se kota Pekalongan.

Hadir pada acara lelang dan sewa garap itu dihadiri oleh Kabag Tata Pemerintahan,DPPKAD,Camat,Lurah dan warga petani peserta lelang dari masyarakat setempat.Keberadaan tanah eks bengkok itu sendiri berasal dari masa transisi pengembangan dan pemekaran status fungsi wilayah dari desa menjadi kelurahan.

Lelang tanah ini di selenggarakan rutin setiap setahun sekali dengan tujuan sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Sendiri (PADS) pemkot Pekalongan masuk menjadi RAPBD,yang selanjutnya akan di salurkan kembali kepada masyarakat melalui dana aklerasi pembangunan di tiap-tiap kelurahan masing-masing.

Dalam sambutan yang di gelar di kecamatan Pekalongan Selatan,Drs.M.Natsir selaku Camat setempat memaparkan akan arti penting adanya acara lelang tanah eks bengkok tersebut semata-mata juga untuk mensupport pembangunan di kelurahan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat umumnya dan para petani setempat pada khususnya.Untuk itu,dia juga mengharapkan agar warga bisa mempertahankan tanah eks bengkok yang ada dan tidak boleh di alih fungsikan kecuali hanya untuk pertanian.”Hal yang sangat baik aset pemkot yang berupa tanah eks bengkok bisa di kelola oleh masyarakat petani sendiri,dan akan mendatangkan kesejahteraan juga buat petani sendiri.” jelasnya.

Pada kesempatan lain saat di konfirmasi Bambang Saptono,SE.MM selaku Kasubag Tata Pemerintahan mengatakan,”Agenda ini sangat membantu sekali untuk kesinambungan antara pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,hal ini mengacu kepada Permendagri no.17 tahun 2002 yang pengelolaannya berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat sendiri.”

Senada dengan itu,Kabid Aset Daerah pemkot Sriyana.S.Sos.Msi mengatakan.”Lelang tanah eks bengkok ini,bertujuan memaksimalkan pemanfaatan aset daerah,yang berasal dan akan dikelola serta di salurkan kepada masyarakat sendiri.”

Pemanfaat aset daerah ini siudah berjalan rutin pertahunnya dan dasilnyapun juga sudah banyak di rasakan oleh masyarakat sendiri,pada kesempatan tahun 2013 ini sendiri yang dudah terealisasikann pelelaangan berkisar kurang lebih 110 Ha dengan menghasilkan dana kurang lebihnya Rp.600 juta,yang selanjutnya akan dialokasikan ke APBD dari PADS pemkot.**

Ukuran Font  
Seperti biasanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah menggelar lelang dan sewa garap tanah eks bengkok yang sudah menjadi aset daerah, baru-baru ini. Untuk tahun ini axcara lelang dilakukan di empat daerah kecamatan wilayah Selatan,Utara,Timur dan Barat se kota Pekalongan.
Cetak

No Image Ketua LSM Caredek Drs. Akhiardi Sangat Menyayangkan Pengkotak-Kotakan Wartawan di Pemko PariamanKetua LSM Caredek, Drs. Akhiardi, yang dihubungi Kamis (18/12/14), terkait dengan membawa sebagaian wartawan yag meliput kegiatan Pemko Pariaman, kongko-kongko, ke luar daerah dengan memakai dana APBD Pemko Pariaman.

No Image PMI Sragen Bantu Korban Bencana BanjarnegaraPalang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen telah mengirimkan bantuan logistik untuk pengungsi korban longsor di Banjarnegara.

No Image Dukuh Slimpet Desa Tlaga Terancam Longsor, 557 Warga MengungsiWarga Dusun Slimpet Desa Tlaga Kecamatan Punggelan, Selasa sore (16/12) pukul 14.30, mengungsi di 3 Tlaga Punggelan yang berada tidak jauh dari lokasi penduduk.

No Image Pemprov Beri Apresiasi Penyuluh dan Pemerhati HutanPemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan apresiasi dalam bentuk tali asih kepada para penyuluh dan pemerhati hutan atas dedikasi dan prestasinya di tingkat nasional dalam mendukung program pemerintah.

Ads