Jumat, 19 September 2014 | 14.47 WIB
Jateng Time
Pendidikan

Disdikpora Cilacap Akan Luncurkan Program DSMP

-  |  Cilacap | Jumat, 4 Januari 2013 - 11.38 WIB | Dibaca: 301 kali
IMG-6896
ilustrasi.net

FAKTOR ekonomi merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi masyarakat ketika berbicara pendidikan, untuk menangani masalah tersebut rencananya Disdikpora Kabupaten Cilacap akan membentuk program Dana Sosial Mandiri Pendidikan (DSMP).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Cilacap, Tulus Wibowo menjelaskan, dari program ini meminta para guru terutama yang PNS maupun perangkat pendidikan lainnya untuk bisa menyisihkan gajinya dan dimasukan ke DSMP.

“Tapi sifatnya sukarela. Artinya untuk guru atau tenaga pendidik yang tidak keberatan saja. Karena sifatnya sukarela maka tidak ada batasan nominal,” katanya.

Menurutnya, DSMP merupakan program yang didasari oleh kesepakatan dari para leader pendidikan dan pihak-pihak terkait dilingkungan Disdikpora. Antara lain unsur kepala dinas, kalangan dewan pendidikan, PGRI dan lainnya.

“Ini belum tercetus di daerah lain. Tujuannya antara lain untuk membantu anak sekolah yang miskin berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Dalam teknisnya, uang sukarela dari para guru PNS itu langsung diambilkan dari gaji bulanan dan dimasukan ke tim yang mengelola. Program ini sudah disosialisasikan sejak Desember dan saat ini mulai berjalan. Namun menurut Tulus baru akan efektif pada Maret mendatang. Dan jika berjalan sesuai perkiraan, maka dalam satu bulan akan terkumpul sekitar Rp 100 juta dengan asumsi ada 11.200 guru PNS di Kabupaten Cilacap.*

Sumber : http://www.cilacapkab.go.id/AP

Editor : HFO

Ukuran Font  
DSMP merupakan program yang didasari oleh kesepakatan dari para leader pendidikan dan pihak-pihak terkait dilingkungan Disdikpora.
Cetak

No Image Gubernur Dorong Bangun Embung untuk Atasi Kekeringan di SalatigaAir bersih ini merupakan langkah paling cepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekeringan yang dialami warga Desa Kumpulrejo Kota Salatiga.

No Image Jadilah Pemimpin dan Penggerak PerubahanKepala Inspektorat Provinsi Jawa Tengah Drs Kunto Nugroho HP MSi mengatakan tujuan dari kegiatan ToT tersebut adalah untuk membangun pola pikir, komitmen bersama, jiwa korsa, integritas, manajemen, implementasi kebijakan, dan budaya baru di Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah.

No Image Kepribadian Berbudaya Dapat Dukung EkonomiMewujudkan kemandirian ekonomi dapat dibangun melalui kepribadian bangsa dalam berbudaya, karena banyak budaya masyarakat yang muaranya terkait pada bidang ekonomi.

No Image Terbilang Buruk Di Masyarakat, Sat Pol PP Perlu NegosiatorSEMARANG РCitra Satuan Pamong Praja (Satpol PP) masih terbilang buruk di masyarakat. Salah satunya diidentikkan dengan kekerasan saat melakukan penggusuran pedagang kaki lima (PKL). Imej itu harus dihapus melalui pendekatan humanis kepada warga. “Pendekatan yang lebih manusiawi ini penting. Ilmu itu perlu kita miliki, terutama teman-teman yang bertugas di Satpol PP. Nah kalau sudah dimiliki, [...]

Ads