Jumat, 31 Oktober 2014 | 00.27 WIB
Jateng Time
Pendidikan

Disdikpora Cilacap Akan Luncurkan Program DSMP

-  |  Cilacap | Jumat, 4 Januari 2013 - 11.38 WIB | Dibaca: 324 kali
IMG-6896
ilustrasi.net

FAKTOR ekonomi merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi masyarakat ketika berbicara pendidikan, untuk menangani masalah tersebut rencananya Disdikpora Kabupaten Cilacap akan membentuk program Dana Sosial Mandiri Pendidikan (DSMP).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Cilacap, Tulus Wibowo menjelaskan, dari program ini meminta para guru terutama yang PNS maupun perangkat pendidikan lainnya untuk bisa menyisihkan gajinya dan dimasukan ke DSMP.

“Tapi sifatnya sukarela. Artinya untuk guru atau tenaga pendidik yang tidak keberatan saja. Karena sifatnya sukarela maka tidak ada batasan nominal,” katanya.

Menurutnya, DSMP merupakan program yang didasari oleh kesepakatan dari para leader pendidikan dan pihak-pihak terkait dilingkungan Disdikpora. Antara lain unsur kepala dinas, kalangan dewan pendidikan, PGRI dan lainnya.

“Ini belum tercetus di daerah lain. Tujuannya antara lain untuk membantu anak sekolah yang miskin berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Dalam teknisnya, uang sukarela dari para guru PNS itu langsung diambilkan dari gaji bulanan dan dimasukan ke tim yang mengelola. Program ini sudah disosialisasikan sejak Desember dan saat ini mulai berjalan. Namun menurut Tulus baru akan efektif pada Maret mendatang. Dan jika berjalan sesuai perkiraan, maka dalam satu bulan akan terkumpul sekitar Rp 100 juta dengan asumsi ada 11.200 guru PNS di Kabupaten Cilacap.*

Sumber : http://www.cilacapkab.go.id/AP

Editor : HFO

Ukuran Font  
DSMP merupakan program yang didasari oleh kesepakatan dari para leader pendidikan dan pihak-pihak terkait dilingkungan Disdikpora.
Cetak

No Image Ruas Jalan Pasar Muara Delang, Merangin, Jambi Memprihatinkan!Sejumlah ruas jalan yang berada di wilayah itu kini kondisinya sangat memprihatinkan akibat sering dilalui truk pembawa buah sawitoleh anak perusahaan khusus PT. Astra Agro Lestari yaitu PT SAL-1.

No Image Mukhlis Rahaman : Tugas dan Tanggung Jawab Kades Makin BeratWalikota Pariaman Mukhlis Rahman membuka Rapat koordinasi Pemerintah Kota bersama Kepala Desa dan Lurah se Kota Pariaman di Aula Balaikota, Rabu (29/10/2014).

No Image Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Sampaikan Nota PenjelasanWalikota Pariaman Mukhlis Rahman menyampaikan Nota Penjelasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD Tahun 2015, di Ruang sidang DPRD Kota Pariaman, Senin (27/10/2014).

No Image Kota Pariaman Telah Punya HomestayKota Pariaman kini telah punya 20 Homestay dan sudah mulai dioperasikan. Homestay tersebut mempunyai 40 kamar, siap untuk menampung wisatawan yang akan menginap di Kota Pariaman.

Ads