Minggu, 29 Maret 2015 | 05.10 WIB
Jateng Time
Pendidikan

Pemerintah Akan Lelang Buku Pelajaran Kurikulum 2013

-  |  Jakarta | Sabtu, 2 Maret 2013 - 16.18 WIB | Dibaca: 357 kali
IMG-9638
ilustrasi buku.net

PEMERINTAH akan mulai melelang pengadaan buku pelajaran kurikulum 2013. Nantinya Pemenang lelang kemudian melakukan penggandaan sekaligus mendistribusikan buku ke satuan pendidikan yang telah ditetapkan.

“Bukunya disiapkan dari Jakarta. Kemudian buku akan dikirimkan oleh pemenang lelang ke sekolah,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Musliar mengatakan, implementasi kurikulum 2013 akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Oleh karena itu, proses pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, dan pendistribusian harus diselesaikan pada akhir Juni nanti. “Dokumen kurikulum sudah selesai. Hari ini buku sedang dikaji oleh dosen dan guru yang ditunjuk,” katanya.

Adapun jumlah buku yang akan didistribusikan sebanyak jumlah peserta didik dalam satu kelas. Misalnya, jika ada 30 peserta didik maka akan dikirimkan 30 buku. “Ditambah dengan buku pegangan guru dan buku agama,” ujar Wamendikbud.

Seperti diketahui, proses penyiapan buku Kurikulum 2013 ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Selanjutnya, buku ini akan digunakan untuk pelatihan guru.

Musliar mengatakan, buku disediakan oleh pemerintah secara gratis dan tidak satupun yang diwajibkan membeli. Lembar kerja siswa juga tidak akan ada lagi. “Guru bisa membuat langsung pertanyaan dan tugas yang diberikan kepada peserta didik,” katanya.

Pihak Kementerian Pendidikan juga memastikan semua sekolah yang telah ditetapkan untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini gurunya telah dilatih. Buku panduan untuk guru sudah disiapkan. “Jadi tidak mungkin guru tidak paham kurikulum ini,” tegas Wamendikbud.

Musliar menambahkan, implementasi kurikulum 2013 juga mencakup madrasah meliputi madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah. “Tinggal menambahkan mata pelajaran sesuai dengan yang sudah berlaku selama ini,” pungkas Musliar.*

Sumber : www.setkab.go.id/Kemendikbud/WID/ES

Editor : HFO

Ukuran Font  
Implementasi kurikulum 2013 akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Oleh karena itu, proses pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, dan pendistribusian harus diselesaikan pada akhir Juni nanti.
Cetak

No Image Wartawan Temukan Potongan Tangan Korban KebakaranKebakaran yang mengharukan yang di alami keluarga Agung Sumantri warga Desa Botosengon,Kecamatan Dempet,Kabupaten Demak harus kehilangan ke tiga buah hatinya yang masih balita yakni Fadli (10) Shinta (8) dan Juwita (3).

No Image Istri Kapolres Demak Datangi Bekas Rumah Korban KebakaranSetelah memberikan bantuan kepada korban kebakaran, Agung Sumantri yang mengakibatkan korban harus kehilangan tiga anak sekaligus, istri Kapolres Demak dan rombongan berkenan melihat langsung lokasi rumah korban yang kebakaran.

No Image Kapolres Demak Serahkan Bantuan 1 Unit Rumah Sederhana ke Keluarga Korban KebakaranKepedulian jajaran Polres Demak terhadap keluarga korban kebakaran beberapa waktu lalu ditunjukan langsung oleh korp berbaju coklat itu.

No Image Koppas Pd. Sago Berikan Piagam Pada Ali MukhniPengurus Koperasi Pasar Padang Sago, memberikan Piagam Penghargaan kepada Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, sebagai anggota dan Pembina serta atas kepeduliannya di dalam memajukan Koppas Padang Sago, terbukti dengan terdaftar menjadi anggota.

Ads