Sabtu, 26 Juli 2014 | 08.04 WIB
Jateng Time
Pendidikan

Pemerintah Akan Lelang Buku Pelajaran Kurikulum 2013

-  |  Jakarta | Sabtu, 2 Maret 2013 - 16.18 WIB | Dibaca: 234 kali
IMG-9638
ilustrasi buku.net

PEMERINTAH akan mulai melelang pengadaan buku pelajaran kurikulum 2013. Nantinya Pemenang lelang kemudian melakukan penggandaan sekaligus mendistribusikan buku ke satuan pendidikan yang telah ditetapkan.

“Bukunya disiapkan dari Jakarta. Kemudian buku akan dikirimkan oleh pemenang lelang ke sekolah,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Musliar mengatakan, implementasi kurikulum 2013 akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Oleh karena itu, proses pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, dan pendistribusian harus diselesaikan pada akhir Juni nanti. “Dokumen kurikulum sudah selesai. Hari ini buku sedang dikaji oleh dosen dan guru yang ditunjuk,” katanya.

Adapun jumlah buku yang akan didistribusikan sebanyak jumlah peserta didik dalam satu kelas. Misalnya, jika ada 30 peserta didik maka akan dikirimkan 30 buku. “Ditambah dengan buku pegangan guru dan buku agama,” ujar Wamendikbud.

Seperti diketahui, proses penyiapan buku Kurikulum 2013 ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Selanjutnya, buku ini akan digunakan untuk pelatihan guru.

Musliar mengatakan, buku disediakan oleh pemerintah secara gratis dan tidak satupun yang diwajibkan membeli. Lembar kerja siswa juga tidak akan ada lagi. “Guru bisa membuat langsung pertanyaan dan tugas yang diberikan kepada peserta didik,” katanya.

Pihak Kementerian Pendidikan juga memastikan semua sekolah yang telah ditetapkan untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini gurunya telah dilatih. Buku panduan untuk guru sudah disiapkan. “Jadi tidak mungkin guru tidak paham kurikulum ini,” tegas Wamendikbud.

Musliar menambahkan, implementasi kurikulum 2013 juga mencakup madrasah meliputi madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah. “Tinggal menambahkan mata pelajaran sesuai dengan yang sudah berlaku selama ini,” pungkas Musliar.*

Sumber : www.setkab.go.id/Kemendikbud/WID/ES

Editor : HFO

Ukuran Font  
Implementasi kurikulum 2013 akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Oleh karena itu, proses pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, dan pendistribusian harus diselesaikan pada akhir Juni nanti.
Cetak

No Image Kodam Jaya Lakukan Pergeseran PejabatHanya karena limpahan kasih dan karunia-Nya, hari ini kita masih dapat melanjutkan rangkaian kegiatan sertijab para pejabat dengan melaksanakan acara Ramah Tamah, dalam suasana kebersamaan dan penuh kebahagiaan.

No Image Dandim Demak Serahkan Bingkisan Lebaran Untuk Istri Anggota dan PNS KodimDandim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto menyerahkan bantuan bingkisan kepada Istri anggota Kodim 0716/Demak yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana cabang Demak di Aula Makodim 0716/Demak, Kamis (17/07).

No Image Jembatan Comal Pemalang Ambles, Arus lalin DialihkanJembatan Sungai Comal yang menjadi jembatan penting di jalur antura akhirnya benar-benar ditutup total untuk semua jenis kendaraan. Hal tersebut dikarenakan kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati.

No Image Kodam Jaya Berikan Penghargaan Kepada Prajurit BerprestasiTNI akan tetap Konsisten dalam melaksanakan tugas-tugas pertahanan, dalam konteks menjaga dan melindungi segenap bangsa dan Negara.

Ads